Barito KualaNews

KPU Batola Jemput Bola Fasilitasi Masyarakat Untuk Gunakan Hak Pilihnya

BARITO KUALA – Tahun 2019 merupakan tahun pesta Demokrasi. Setiap KPU yang ada di Indonesia bekerja sangat ekstra dengan cermat dan tepat untuk memberikan pemerataan hak suara keseluruh masyarakat demi Indonesia yang lebih baik.

Dan pada tahun 2019 ini bagi para pemilih tambahan yang nantinya pada Pemilu 2019 tidak bisa mencoblos di TPS asal dan ingin menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos di tempat tinggal sekarang atau bertempat tinggal di tempat yang sekarang namun ingin menggunakan hak pilihnya di daerah asal atau kampung halaman maka wajib mengurus formulir A5.

Oleh karena itu KPU Kabupaten Barito Kuala melakukan metode jemput bola dengan melakukan kunjungan ke tiap perusahaan dan universitas yang ada di Kabupaten Barito Kuala untuk mendata para pemilih. Baik pemilih yang ingin menggunakan hak pilihnya kekampung halaman atau pemilih yang memiliki data penduduk dari luar ingin menggunakan hak pilihnya di Kabupaten Barito Kuala.

Kepada Abdi Persada FM Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Barito Kuala Heldawati mengatakan pada (13/2) pihaknya sudah mulai melakukan kunjungan dan pendataan ke seluruh perusahaan dan universitas yang berada di kawasan Kabupaten Barito Kuala

“Kami sudah mulai melakukan kunjungan dan pendataan hal ini kami lakukan karena kami ingin memfasilitasi dan memberikan hak suara secara merata keseluruh masyarakat Kabupaten Barito Kuala,” ucap Helda

Helda juga mengatakan dengan data yang terkumpul pihaknya bisa membantu atau memfasilitasi masyarakat yang berasal dari luar daerah namun ingin menggunakan hak pilihnya disini atau berasal dari luar daerah dan memiliki data kependudukan di Kabupaten Barito Kuala namun tetap ingin melakukan hak pilihnya di daerah asalnya dengan memberikan dokumen atau  Formulir A5.

Helda menambahkan menggunakan dokumen atau formulir A5 para pemilih bisa menggunakan hak pilihnya meskipun tidak secara keseluruhan.  Maksudnya apabila seorang pemilih berasal dari luar provinsi pemilih tersebut hanya bisa menggunakan hak pilihnt untuk memilih capres dan cawapres.

“Saat dokumen atau formulir A5 sudah kami berikan kepada yang bersangkutan mereka bisa menggunakan hak suaranya namun tidak penuh apabila yang bersangkutan berasal dari luar provinsi mereka hanya bisa memilih capres dan cawapres,” pungkas Helda. (TR01/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat