BanjarmasinNews

Khusus Layani Paspor Haji, Kantor Imigrasi Buka Setiap Akhir Pekan

BANJARMASIN – Sejak 9 dan 10 Februari 2019, kantor imigrasi Banjarmasin kembali membuka layanan pembuatan paspor di akhir pekan, atau pada hari libur kerja Sabtu – Minggu. Sebelumnya, pada akhir Desember 2018 hingga pertengahan Januari 2019 lalu, layanan serupa juga sudah diberlakukan. Namun dengan tujuan yang berbeda, yakni untuk memperingati Hari Bakti Imigrasi (HBI). Sementara layanan pembuatan paspor di akhir pekan pada Februari ini, dikhususkan untuk melayani para calon tamu Allah, yang akan berhaji ke tanah suci. Pada awal pembukaan layanan Sabtu – Minggu ini, calon jemaah haji (CJH) asal kota Banjarbaru yang mendapat giliran pertama, karena kantor kemenag setempat sudah mempersiapkan segala sesuatunya, untuk proses pembuatan paspor.

Kepada Abdi Persada FM, kadiv keimigrasian kanwil kemenkumham Kalimantan Selatan Dodi Karnida Halilintar Atmaja menjelaskan, layanan pada Sabtu – Minggu sengaja dibuka, untuk memberikan waktu yang lebih leluasa kepada para CJH, untuk melakukan perekaman data paspor. Khususnya yang dimobilisasi pihak kantor kemenag.
“Di hari kerja, kami juga tetap layani pembuatan paspor bagi CJH. Biasanya mereka yang datang secara mandiri. Sedangkan pada Sabtu – Minggu datang secara berkelompok, sesuai asal CJH. Sebab jika rombongan besar ini dilayani pada hari kerja, tentu akan menganggu pelayanan paspor umum, yang sudah melakukan pendaftaran secara online,” jelasnya kepada Abdi Persada FM.
Menurut Dodi, pelayanan pada Sabtu – Minggu ini, rencananya akan berlangsung hingga Maret 2019, khususnya di kantor imigrasi Banjarmasin. Mengingat Kanim Banjarmasin, mengurusi 11 kabupaten/kota selain Kotabaru dan Tanah Bumbu.
“Kuota haji Kalsel tahun ini adalah sebanyak 3.831 orang. Belum lagi, Kanim Banjarmasin yang mengurus paspor sebagian besarnya, yakni 11 daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel,” jelasnya.

Sementara itu, Kanim Batulicin yang membawahi kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, menurut Dodi, saat ini sudah menyelesaikan pembuatan paspor haji untuk kabupaten Tanah Bumbu. Sebanyak 152 paspor CJH asal Tanah Bumbu itu, sudah diterbitkan pada akhir Januari 2019 lalu.
“Untuk CJH asal Kotabaru, proses pembuatan paspornya sudah dimulai pada Februari ini, dan hanya berlangsung pada hari kerja Senin – Jum’at. Dari 142 CJH asal Kotabaru yang masuk kuota tahun ini, 138 sudah menyelesaikan proses perekaman paspor. Tersisa 4 CJH yang belum melakukan perekaman data paspor, karena sakit. Mereka akan segera menyusul, kalau perlu kami akan melakukan jemput bola mendatangi rumah mereka,” tutupnya (RIW/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat