4 Maret 2021

Akses Jalan Baru Untuk Haul Guru Sekumpul

2 min read

Saat meninjau kawasan yang akan dijadikan akses baru dari luar kawasan Mataraman-Sungai Ulin menuju kawasan Stadion Demang Lehman.

BANJAR – Guna mendukung kelancaran Haul Guru Sekumpul ke 14 yang diselenggarakan pada tanggal 9 -10 Maret mendatang, Kelurahan Sekumpul bersama Lurah Sungai Ulin M. Farhani, dan perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Serta PUPR Provinsi Kalimantan Selatan meninjau kawasan yang akan dijadikan akses baru dari luar kawasan Mataraman-Sungai Ulin menuju kawasan Stadion Demang Lehman, Rabu (13/2).

Kepada Wartawan Staf Tata Ruang Pertanahan, Dwiki Purwacaraka, perwakilan  PUPR Provinsi  Kalsel mengatakan, dengan dibebaskannya lahan sepajang 726 meter dengan lebar badan jalan 20 meter termasuk zona pengamanan jalan tersebut, diharapkan dapat menjadi solusi untuk memecah kemacetan yang setiap tahunnya terjadi saat kegiatan haul sekumpul yang biasa disapa Abah Guru Sekumpul di Komplek Ar Raudhah Kelurahan Sekumpul berlangsung.

Terkait pembebasan lahan dan proses ganti rugi, Dwiki pun menjelaskan sudah dilakukan pada Desember 2018 lalu.

“Hanya tinggal tersisa 1-2 orang saja lagi dan masih kita carikan solusinya,” ujarnya.

Menurut Dwiki  untuk proses land clearing dan pengerasan jalan menuju kawasan stadion demang lehman, kemungkinan dalam dua pekan akan selesai, mengingat semakin dekatnya peringatan haul.

Masih di lokasi yang sama, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin didampingi Lurah Sungai Ulin, M. Farhani mengucapkan terimakasihnya kepada instansi terkait, serta masyarakat yang telah mendukung proses kelancaran kegiatan haul terutama dengan dibukanya akses baru ini.

“Insyaallah tahun ini arus kemacetan dapat teratasi dengan adanya akses jalan baru tersebut, dan mudah-mudahan jalan-jalan yang berlubang dibeberapa titik Jalan A Yani pun dapat dilakukan perbaikan insfratruktur dari instansi terkait,” harap Marhusin

Lebih lanjut Marhusin pun menambahkan,  PUPR Kabupaten Banjar pun nantinya akan menurunkan beberapa alat berat, guna mempercepat proses land clearing dan pengerasan jalan.

Sementara itu, Lurah Saungai Ulin, M Farhani pun berharap proses pembebasan dan pengerjaan lahan tersebut berjalan dengan lancar. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.