NewsProvinsi Kalsel

Tunjangan Sertifikasi Guru Yang Sempat Tertunda Sudah Cair

BANJARMASIN – Tunjangan sertifikasi tahun 2018 sebanyak 411 orang guru SMA/SMK se Kalimantan Selatan yang sempat tertunda sudah dicairkan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel, M. Yusuf Effendy kepada wartawan, usai pertemuan di DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (11/2).

Menurutnya keterlambatan pembayaran tunjangan sertifikasi ratusan guru SMA/SMK tersebut terkait dengan sisi anggaran. Oleh karena itu, DisdikĀ Kalsel berkoordinasi dengan Bakeuda Kalsel dan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, beberapa waktu lalu. Kemudian Kemendikbud menerbitkan Surat Keputusan terkait pembayaran kekurangan tunjangan sertifikasi. Sehingga Disdik mengajukan permintaan pembayaran tunjangan tersebut dan pihak Bakeuda sudah menerbitkan SP2D dan per 6 Februari 2019 lalu, sudah disalurkan ke semua rekening 411 guru dengan total pembayaran lebih dari Rp4 miliar.
“Jadi sudah clear. Tidak ada lagi istilahnya yang tidak terbayarkan,” jelasnya.

Secara terpisah, Kepala SMAN 2 Banjarmasin, Bakhtiar mengatakan di sekolahnya ada lima orang guru yang pembayaran tunjangan sertifikasinya tertunda. Namun, pada pekan lalu sudah masuk masuk ke rekening masing-masing guru.
Menurutnya, para guru memaklumi penundaan pembayaran sertifikasi ini karena dari Disdik sudah ada penjelasan terkait hal itu.
“Alhamdulillah semuanya sudah cair,” katanya.

Sebelumnya, pencairan tunjangan sertifikasi sebanyak 411 orang dari total 3.351 orang guru SMA/SMK se Kalsel sempat tertunda. Keterlambatan pembayaran tunjangan sertifikasi ratusan guru tersebut akibat tidak mencukupinya dana yang sudah dikucurkan Pemerintah Pusat ke daerah. Pasalnya pemerintah pusat hanya mengucurkan tambahan dana sebesar Rp1,9 miliar yang masuk ke kas daerah, sementara dana yang dibutuhkan sebesar Rp4,8 miliar. Tetapi akhirnya tunjangan sertifikasi ratusan guru tersebut sudah dicairkan sehingga permasalahan ini selesai. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat