13 April 2021

Masyarakat Dihimbau Rutin Memberantas Sarang Nyamuk

1 min read

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Yazidie Fauzie.

BANJARMASIN – Gerakan antisipasi agar tidak meluas penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), maka perlu dilakukan pemberantasan jentik nyamuk penyebab penyakit berbahaya ini.

Kepada Abdi Persada FM,  Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Yazidie Fauzi melalui sambungan telepon, Selasa (12/02) menjelaskan saat ini memang penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) telah banyak dijumpai di Kalimantan Selatan, hal ini disebabkan curah hujan tinggi sehingga menimbulkan banyak genangan air sebagai tempat berkembangbiak nyamuk. Dengan demikian menurutnya,  penyuluhan sebaiknya gencar dilakukan, yakni mengurangi genangan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, melalui memberantas sarang nyamuk secara detail.

“Kita akui ada peningkatan DBD tapi tidak signifikan, seperti di Kota Banjarbaru, Kabupaten Tapin sama Kabupaten Tanah Laut yang terdata malah menyebabkan ada yang meninggal dunia, makanya harus antisipasi,” katanya.

Lebih lanjut Yazidie menilai, terkait pencegahan DBD dengan fogging atau pengasapan untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa, bisa saja dilakukan dengan syarat sudah mendesak.

Dirinya berharap, masyarakat mengutamakan kebersihan di rumah dan lingkungan sekitar, agar tidak menjadi sarang nyamuk, dengan cara rutin membersihkan bagian luar rumah seperti selokan, pekarangan rumah dan tempat penampungan air. (NHF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.