NewsProvinsi Kalsel

Masyarakat Diharapkan Maksimal Dalam Memanfaatkan Pencetakan Sawah

BANJARMASIN – Komisi II DPRD Kalimantan Selatan mengharapkan warga tani atau masyarakat setempat memanfaatkan pencetakan sawah secara maksimal.

Harapan itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Danu Ismadi Saderi kepada wartawan. Hal ini berkaitan program Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membuka lahan/pencetakan sawah di lahan rawa pada 2019.

Rencana pencetakan sawah itu untuk mendukung pengembangan lahan kawasan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tahun 2018 di Desa Jejangkit Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalsel.
“Kami mengetahui atau memastikan rencana pencetakan sawah tersebut, ketika Komisi II DPRD Kalsel melakukan konsultasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Sarana dan Prasarana Pertanian Kementan beberapa waktu lalu,” katanya.

Mantan Kepala Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Banjarbaru, Kalsel, itu menjelaskan, pada 2019 pemerintah pusat melalui Kementan akan mencetak sawah di lahan rawa seluas 500 hektar. Menurutnya, pencetakan sawah baru itu bersama-sama dengan Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan pencanangan model pengembangan lahan rawa nasional sebagai bentuk keberhasilan dari teknologi pertanian berupa program `Selamatkan Rawa, Selamatkan Petani` (Serasi).

Sebelumnya Kementan membuka lahan atau mencetak sawah baru ribuan hektar di Kalsel dan khusus pada kawasan HPS sebanyak ratusan hektar.

Pencetakan sawah tersebut sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang merupakan Nawacita kepemimpinan nasional Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden HM Jusuf Kalla. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat