13 April 2021

Di Sungai Jingah Banjarmasin,  Angka Penderita DBD Turun

1 min read

Kantor Puskesmas Sungai Jingah.

BANJARMASIN – Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) berdasarkan data Januari tahun 2019 tercatat sebanyak 30 kasus, sedangkan  Februari menjadi 14 kasus, ini artinya ada penurunan sebanyak 16 kasus. Demikian disampaikan Wakil Kepala Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin,  Sismi kepada Abdi Persada FM saat di hubungi via telepon,  Selasa (12/02).

Sismi menjelaskan, angka ini menurun, merupakan bentuk  keaktifan masyarakat yang ikut serta membasmi sarang nyamuk, dan memberi informasi lokasi-lokasi endemis yang harus ditindaklanjuti untuk pembersihan sarang nyamuk.

Dengan demikian, penyuluhan yang gencar dilakukan pada Setiap RT dan warga baik di Kelurahan Sungai Jingah, Kelurahan Surgi Mufti dan Kelurahan Sungai Andai dapat berjalan optimal.

“Kami tak henti-hentinya mensosialisasikan program kebersihan lingkungan 3R, yakni, menguras air penampungan, menutup penampungan air dan mengubur barang bekas, sehingga kesadaran masyarakat pun tercipta,” ucapnya.

Sismi menghimbau,  bagi masyarakat apabila menemukan gejala DBD, harus cepat melaporkan kepada pihaknya sehingga bisa ditangani dengan cepat.

Sementara itu salah satu Ketua RT Yana menilai, dengan adanya kejadian Demam Berdarah Dengue atau DBD, pihaknya rutin melakukan gotong royong bagi semua warga, kemudian mencek lokasi bersama petugas kesehatan yang dikhawatirkan terjadi perkembanganbiakan nyamuk aides aigepty, dan hasilnya di komplek Pesona permata memang tidak ada kasus DBD terjadi, namun kegiatan bersih-bersih ini akan rutin dilaksanakan, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. (NHF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.