13 April 2021

SAKIP Kalsel Raih Nilai A, Paman Birin Mengaku Puas

2 min read

Gubernur Kalsel (berkopiah) berfoto bersama Menpan RB (baju biru) usai menerima laporan hasil evaluasi kinerja SAKIP tahun 2018 dengan nilai A, di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin pada Rabu (06/02).

BANJARMASIN – Rabu (6/2) sejumlah kepala daerah atau perwakilannya dari 11 provinsi dan 150 kabupaten/kota di Indonesia, berkumpul di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin. Mereka berasal dari seluruh daerah di Kalimantan, provinsi Lampung, Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan provinsi Bali. Mereka berkumpul di kota seribu sungai ini, untuk menerima apresiasi dan laporan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 wilayah II, dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Dimana penyerahannya dilakukan langsung oleh Menpan RB RI Syafruddin. Tercatat 7 daerah yang masuk wilayah II penilaian SAKIP tahun 2018, mendapat nilai A, termasuk didalamnya provinsi Kalimantan Selatan.

Menanggapi prestasi ini, gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengaku puas, dapat menaikkan penilaian kinerja akuntabilitas instansi pemerintahnya pada tahun 2018 ini, menjadi A. Padahal sebelumnya nilai Kalimantan Selatan pada tahun 2017 lalu, masih di peringkat BB.

“Tentunya saya puas, kinerja akuntabilitas SKPD membaik dengan meraih nilai A. Tapi kita tetap berusaha untuk mendapatkan nilai tertinggi atau AA,” ujar gubernur yang biasa disapa Paman Birin tersebut.

Lebih lanjut gubernur memastikan, ada sejumlah langkah yang akan dilaksanakan untuk meraih nilai AA untuk laporan hasil evaluasi SAKIP tahun depan. Diantaranya adalah dengan memperkuat konsolidasi serta soliditas, antar SKPD lingkup pemprov Kalsel,” tambahnya.

Langkah itu nantinya, diharapkan dapat menempatkan Kalsel pada posisi nilai tertinggi, yakni AA. Seperti provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang tahun ini menjadi satu – satunya daerah di Indonesia, yang mendapat nilai SAKIP AA dari Kemenpan RB Republik Indonesia.

Dari 13 kabupaten kota di Kalimantan Selatan, dua diantaranya mendapatkan nilai BB untuk laporan hasil evaluasi kinerja SAKIP tahun 2018, yakni kota Banjarmasin dan kabupaten Hulu Sungai Selatan. Sementara 9 kabupaten kota lainnya mendapat nilai B, yakni kota Banjarbaru, kabupaten Banjar, Batola, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Utara, Tapin, Tabalong dan Balangan. Sedangkan kabupaten Kotabaru dan Hulu Sungai Tengah, masih berstatus CC untuk nilai SAKIP tahun 2018. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.