5 Maret 2021

Satpol PP Banjar Tertibkan PKL Pemurus

2 min read

Kabid Tantribum Satpol PP Banjar Asian Bandani.

BANJAR – Sedikitnya tiga puluh Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  Kabupaten Banjar diturunkan Pemerintah Kabupaten Banjar setempat untuk melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang berada di bahu jalan Pemurus Kelurahan Kertak Hanyar 1 yang berdekatan dengan Pasar Ahad.

Penertiban dilakukan pada Senin (4/2) pagi, sebagai tindak lanjut surat himbauan yang diterbitkan sebelumnya pada Jum’at (1/2) yang lalu terkait  penegakan Peraturan Daerah tentang ketertiban Umum. Disamping adanya keluhan dari para pedagang resmi pasar Ahad lantai 2 yang berpengaruh pada pendapatan mereka.

Kepada Abdi persada FM, Kabid Tantribum Asian Bandani mengatakan sesuai himbauan yang pihaknya layangkan ke pedagang PKL yang berada di bahu Jalan Pemurus tersebut, saat ini telah dilakukan penertiban, menurut Asian saat di lokasi penertiban para PKL ini sangat memahami apa yang disampaikan pihaknya pada Jum’at lalu, Penertiban ini lanjut Asian akan rutin dilakukan monitoring oleh pihaknya, apabila ditemukan ada yang masih berjualan maka Satpol PP Banjar akan mengambil tindakan tegas karena menurut Asian jauh sebelumnya telah melakukan sosialisasi dan himbauan agar di bahu jalan Pemurus tidak ada aktifitas jual beli karena termasuk mengganggu ketertiban umum.

“Dari hasil penertiban ini, hampir semua pedagangan PKL mentaati himbauan yang telah kami sampaikan, namun terdapat satu atau dua pedagang yang kedapatan menggelar dagangannya saat operasi berlangsung, itu pun bukan pedagang yang berdomisili di daerah tersebut, namun yang sesekali menggelar dagangannya, karena kemungkinan pada saat sosialisai mereka tidak berjualan dan tidak mengetahui adanya himbauan,” kata Asian.

Saat ini menurut Asian yang menjadi kendala adalah pedagang yang berada di halaman rumah penduduk, sehingga nanti perlu adanya dari pihak-pihak terkait duduk bersama membahas hal ini, dan saat ini pihaknya fokus pada pedagang yang berada di bahu jalan Pemurus tersebut yang merupakan kewenangan pihaknya untuk melakukan penertiban.

Asian Bandani pun berharap setelah dilakukan penertiban ini, tidak ada lagi para PKL yang diperkirakan ada 20 pedagang berjualan dilokasi yang dilarang tersebut. Dirinya juga menyampaikan pihak Satpol PP Banjar tidak hanya melakukan penertiban saja terhadap PKL tersebut namun pihaknya juga akan mencarikan solusi yang baik kepada para PKL tersebut dengan melakukan koordinasi dengan pihak PD Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar dan Disperindag Kabupaten Banjar serta dengan Kecamatan di wilayah ini,

“Kami Satpol PP tidak semata-mata untuk melakukan Penertiban dan melarang  mereka untuk berjualan, tapi berharap untuk kedepannya ada solusi yang baik bagi para PKL ini,” ujar Asian.

Asian pun menyarankan agar para PKL yang berjualan di bahu jalan, untuk bisa masuk ke lokasi Pasar Ahad, jangan berada di bahu jalan Pemurus, untuk kenyamanan bersama. (AF/RDM/RRF)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.