18 April 2021

Gatot: Karate Yakin Ke Olimpiade, Saya Pertaruhkan Jabatan Saya!

2 min read

Ketua umum PB FORKI (jas hitam) saat berada di Kiram Park Banjar pada Rabu sore (30/01).

BANJAR – Efek domino dari kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah maupun peserta Asian Games Jakarta – Palembang Agustus 2018 lalu, ternyata masih terus berlanjut. Khususnya pada cabang olahraga karate. Keberhasilan cabang olahraga beladiri asal Jepang ini meraih empat medali pada Asian Games lalu, membuat para atletnya optimis dapat berlaga di tingkat dunia, terutama Olimpiade. Apalagi pada Olimpiade Jepang tahun 2020 nanti, karate resmi menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Optimisme itu juga diperlihatkan ketua umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB FORKI) Jenderal Pur Gatot Nurmantyo, saat ditanyai wartawan usai mengukuhkan dan melantik pengurus FORKI Kalsel periode 2018 – 2022 di Kiram Park kabupaten Banjar, pada Rabu sore (30/01).

Gatot Nurmantyo mengatakan, tahun depan tepatnya 2020, karate sudah mulai dipertandingkan di Olimpiade Jepang. Karena itu, para atlet saat ini sedang mengikuti sejumlah even berkelas dunia, untuk mengumpulkan poin

“Poin itu diperlukan agar atlet kita dapat bersaing di olimpiade. Karena untuk mengikuti even olahraga bergengsi tersebut, tidak diberikan kuota khusus, namun harus dilihat dari jumlah poin yang berhasil dikumpulkan,” jelas Gatot.

Lebih lanjut Gatot menegaskan, dirinya siap mempertaruhkan jabatannya sebagai ketua umum PB FORKI jika atlet karate Indonesia tidak berangkat ke olimpiade.

“Saya optimis atlet kita bakal ke olimpiade, saya berani pertaruhkan jabatan. Karena pada Asian Games kemarin, kita berhasil meraih medali terbanyak kedua, untuk cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade,” jelasnya.

Sesuai keputusan Komite Olimpiade Internasional – IOC pada tahun 2016 lalu, maka Olimpiade Jepang tahun 2020 akan menampilkan 5 cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan. Yakni bisbol atau sofbol, panjat tebing,  selancar dan skateboard serta karate. Karate adalah olahraga beladiri kedua asal Jepang yang masuk olimpiade, setelah judo pada tahun 1964. (RIW/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.