BanjarmasinNews

Aksi Sejuta Bakul Purun Akan Mewarnai 3 Tahun Ibnu-Herman

Dua Pasar Tradisional Terapkan Aturan Pelarangan Penggunaan Kantong Plastik

BANJARMASIN – Ibnu-Herman merupakan kepala daerah yang memiliki visi dan misi perduli terhadap lingkungan, dengan mottonya Baiman atau Barasih Wan Nyaman. Oleh karena itu, pada peringatan tiga tahun kepemimpinan mereka di Pemerintah Kota Banjarmasin, pada 14 Februari 2019 mendatang akan digelar aksi sejuta bakul purun yang akan dibagikan kepada warga kota ini.

Hal itu disampaikan langsung Wakil Wali kota Banjarmasin Hermansyah, kepada sejumlah wartawan, Rabu (30/1).

“Rencananya, kegiatan tersebut akan dilakukan pada 14 Februari mendatang bertepatan peringatan masa kepemimpinan Ibnu-Herman,” ujar Hermansyah.

Hermansyah mengatakan, kegiatan aksi sejuta bakul purun ini merupakan program untuk bisa mengurangi sampah plastik.

“Mengingat saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin fokus dengan program pengurangan sampah plastik, oleh karena aksi sejuta bakul akan mewarnai peringatan ketiga tahun kepemimpinan Ibnu-Herman,” ucap Hermansyah.

Dalam kesempatan tersebut, Hermansyah juga menyampaikan, saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin telah memberlakukan pelarangan penggunaan kantong plastik di pasar modern dan dua pasar tradisional.

“Pelarangan penggunaan kantong plastik pasar tradisional, hanya diberlakukan pada dua pasar tradisional dulu sebagai percontohan, kemudian baru diberlakukan keseluruh pasar tradisional yang ada di Kota Banjarmasin,” ujar Hermansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin Khairil Anwar mengatakan, dua pasar tradisional yang menjadi pilot project pelarangan penggunaan kantong plastik, yakni Pasar Pandu dan Teluk Dalam Kota Banjarmasin.

“Berdasarkan arahan Wakil Walikota, sejak tanggal 14 februari lalu pada kedua pasar tersebut, tidak lagi menggunakan kantong plastik,” ucap Khairil.

Menurut Khairil, kedepannya aturan pelarangan penggunaan kantong plastik akan diterapkan, diseluruh pasar tradisional di Kota Banjarmasin. (SRI/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat