4 Maret 2021

Bupati Banjar Kumpulkan Pembakal Se-Kabupaten, Ada Apa Ya?

2 min read

Suasana saat rapat berlangsung.

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar rapat  Pembakal se-Kabupaten Banjar dalam rangka persiapan Penyelengaraan Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2019.

Rapat digelar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Banjar pada Selasa (29/1) pagi di gedung Sultan Adam Martapura. Dibuka langsung oleh Bupati Banjar Khalilurrahman rapat ini dihadiri 277 Pembakal se-Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar Aspihani mengatakan, pelaksanaan rapat kerja pembakal se Kabupaten Banjar merupakan ini merupakan rapat kerja pembakal yang pertama ditahun 2019  ini,  Adapun maksud dan tujuan  rapat kerja pembakal ini Aspihani menjelaskan, untuk memberikan informasi dan arahan kepada pembakal terkait pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pengelolaan Dana Desa tahun 2019, sehubungan telah ditetapkannya Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa dan permendes no 16 tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2019.

Kemudian lanjut Aspihani, ini juga untuk memberikan informasi berkaitan dengan kewajiban yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Desa berkaitan Pembayaran pajak . Rapat ini pula membahas terkait dengan BPJS Kesehatan yang menjadi hak dan kewajiban para pembakal dan aparat desa, menurutnya rapat ini juga membahas kesiapan pemerintahan desa dalam pelaksanaan musrembang untuk pembangunan yang di titik beratkan pada skala prioritas di 20 Kecamatan di Kabupaten ini.

“Rapat ini juga membahas cara penyaluran dana desa yang langsung di awasi inspektorat dalam penyelanggaraannya baik penggunaannya maupun secara pelaporan keuangan dana desa tersebut,” jelas Aspihani.

Sementara itu Bupati Banjar Khalilurrahman menyampaikan dengan digelarnya rapat Persiapan Pemerintah Desa Terkait Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2019, Bupati menginginkan para Pembakal se-Kabupaten Banjar memiliki pandangan atau persepsi yang sama dalam menyikapi tugas dan fungsi dan mampu melakukan pembenahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa Tahun 2019.

Selain itu Bupati Banjar yang akrab di sapa guru Kholil ini berharap para pembakal dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi,  mampu memberikan dan mencarikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di wilayah desanya masing-masing.

Tidak hanya sampai disitu Guru Kholil juga berharap para Pambakal dapat meningkatkan kualitas jati dirinya sebagai pemangku desa dengan memilki ide dan wawasan yang luas agar mampu memberikan warna dalam dinamika penyelenggaraan pemerintahan didesanya masing-masing.

Guru Kholil juga menyampaikan sejak tahun 2015 dimulainya program pemberian bantuan oleh pemerintah pusat kepada berupa Dana Desa, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, hingga di tahun 2019 ini pemerintah pusat telah menganggarkan sebesar Rp312.261.986.000,- (Tiga Ratus Dua Belas Milyar Dua Ratus Enam Puluh Satu Juta Sembilan Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Rupiah) untuk desa-desa di Kabupaten Banjar.

“Oleh karena itu  Saya mengingkan Pemerintah Desa mampu membenahi, meningkatkan kapasitas dan komitmen aparat desa, mendukung pembangunan di desa serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat terlebih pada tahun 2019 ini pemerintah daerah telah memberikan kenaikan tunjangan bagi pembakal dan penyesuaian penghasilan tetap bagi perangkat desa, dimana untuk pembakal akan menerima penghasilan tetap dan tunjangan sebesar Rp3.500.000 perbulan,” pungkas Bupati.

Turut hadir Asisten 1  bidang pembangunan dan Kesra Zainuddin, Wakil ketua  DPRD Banjar Muhammad Iqbal, Kepala Kantor Cabang Pajak Martapura  dan Kepala BPJS cabang Martapura serta Para Camat Se-Kabupaten Banjar. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.