BanjarmasinNews

Sukabumi Tiru Pengelolaan Limbah Banjarmasin

BANJARMASIN – Regulasi pengelolaan limbah Kota Banjarmasin dalam Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Limbah Domestik,  mencakup aturan semua perizinan yang kewenangannya ada di Kabupaten/ Kota. Hal itu disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Banjarmasin Awan Subarkah usai menerima tamu rombongan pansus DPRD Kota Sukabumi pada Senin (28/01).
Kepada wartawan Awan menjelaskan, Kota Banjarmasin merupakan kota kedua yang memiliki peraturan daerah lengkap tentang pengelolaan limbahnya, setelah Kota DKI Jakarta.

Perda yang dimiliki ini mengatur tentang perizinan pembuangan limbah cair, kemudian izin pengumpulan limbah B3 dan izin penyimpanan sementara B3. Sedangkan di Kota lain memang ada peraturan daerah masing-masing, namun hanya Banjarmasin dan Jakarta yang memiliki Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL), sementara untuk daerah lainnya masih UPT ditangani Dinas Lingkungan Hidup dan PDAM.

“Lengkapnya aturan ini, memudahkan Dewan Kota Sukabumi untuk study komparatif pansus pengelolaan air limbah,” kata Awan.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi menilai, dengan memilih Kota Banjarmasin dalam kunjungan kerja ini sangat tepat bagi pihajnya untuk mempelajari produk hukum tentang Perda Pengelolaan Air Limbah yang sudah diterapkan melalui PD PAL.

“Banyak informasi dan masukan langsung yang disampaikan oleh pihak DPRD Kota Banjarmasin dan Direktur PD PAL terkait aturan dan pengelolaan limbah yang diberlakukan,” ucap Suhandi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kehadiran Perda Pengelolaan Air Limbah akan memberi jaminan kesehatan bagi masyarakat, mulai dari tersedianya sarana pengelolaan limbah yang memadai sesuai dengan ketentuan, hingga turut memajukan daerah. (NHF/RDM/EYN)

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat