6 Maret 2021

Peduli Lingkungan, Desa Gudang Hirang Raih Penghargaan

1 min read

Bupati Banjar Khalillurahman saat menyerahkan Pelakat Penghargaan Peduli Lingkungan kepada Kepala Desa Gudang Hirang.

BANJAR – Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk, merupakan salah satu desa yang mendapatkan Plakat Penghargaan Peduli Lingkungan dari Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kepada Abdi Persada Fm Kepala Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk, Syahrani, saat ditemui di kediamannya mengungkapkan, ada beberapa upaya yang dilakukan pihaknya sehingga di anugrahi penghargaan ini, disampaikan Syahrani salah satu upaya tersebut yakni dalam hal pengelolaan sampah, untuk dijadikan pupuk kompos, dan kerajinan tangan sehingga dapat dijual sebagai tambahan penghasilan masyarakat, sampah-sampah tersebut di ambil dari beberapa titik tempat pembuangan sampah (TPS) yang ada di daerahnya.

Bahkan menurut Syahrani pihaknya telah mengadakan pelatihan dan studi banding ke Pemerintah Kabupaten Banjar maupun ke Pemerintah kota Banjarmasin melalui dinas terkait, tentang bagaimana cara pengolahan sampah-sampah yang sudah di pilah untuk dijadikan pupuk Kompos dan kebutuan lain.
“Sampah-sampah tersebut di ambil di dua tempat, yakni TPS Desa Gudang Hirang dan TPS Kelurahan Sungai Lulut, untuk di pilah-pilah baik sampah organik maupun non organik, kemudian didaur ulang menjadi alat kerajinan tangan, maupun di jadikan pupuk Kompos,” jelasnya.

Lebih lanjut Syahrani menambahkan pengelolan sampah menjadi pupuk kompos didukung penuh dari pihak kementrian lingkungan hidup melalui pemerintah kabupaten Banjar, dengan melakukan berbagai pengarahan dan bimbingan kepada pihaknya, dari hasil pengelolaan ini pihaknya mampu membayar tenaga honor yang ada di wilayah kerjanya.

Untuk di ketahui penyerahan Plakat penghargaan peduli lingkungan diserahkan langsung Bupati Banjar pada acara puncak penyerahan piala Adupura di kawasan RTH Ratu Zaleha beberapa waktu yang lalu. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.