3 Maret 2021

Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah Kontes Durian Se Dunia

2 min read

Gubernur cicipi buah durian, pada kontes durian 2019.

BANJAR – Gelaran kontes durian yang di selenggarakan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (24/1), di kawasan objek wisata Kiram Park kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, membuka mata kita akan kayanya potensi alam Kalimantan Selatan.

Perlunya sejak dini untuk segera beralih dari sumber daya tak terbarukan, seperti batubara dan lainnya, menjadi sumber daya terbarukan, seperti sektor perkebunan, pertanian dan pariwisata yang terus di gaungkan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saat ini, 20 persen pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Selatan, tergantung pada batubara. Kalau batubara habis, mau apa kita? Jadi harusnya kita perlu bertransformasi dari energi tak terbarukan menjadi energi terbarukan,” ucap Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat memberikan sambutan pada acara kontes durian dan pameran buah eksotik di kawasan objek wisata Kiram park kecamatan karang intan kabupaten Banjar (24/1).

Selain itu, terang Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Sahbirin Noor), kota juga menyoroti akan pentingnya perbaikan bidang infrastruktur dasar yang masih belum sepenuhnya terjamah di pelosok Kalimantan Selatan, sehingga menurutnya ini akan menghambat pertumbuhan perekonomian di desa, meskipun banyak memiliki potensi baik di bidang perkebunan maupun pertanian.

“Jika kampungnya terisolir, tentu potensi yang dimiliki seperti buah tidak bisa dipasarkan, sehingga pembangunan harus komprehensif dan totalitas,” ujarnya

Lebih lanjut, Paman Birin juga memberikan apresiasi kepada bupati dan walikota di 13 kabupaten kota se-Kalimantan Selatan, yang sudah menyelenggarakan kontes durian di masing-masing daerah, sehingga kontes durian dapat di gelar di tingkat Provinsi.

Dirinya juga berharap kontes ini dapat kembali ditingkatkan hingga skala nasional bahkan internasional.

“Kalimantan Selatan siap menjadi tuan rumah kontes durian se-dunia,” ujarnya semangat.

Untuk diketahui, gelaran kontes durian dan pameran buah eksotik Kalimantan Selatan 2019 ini disediakan sebanyak 10.000 buah durian untuk di makan bersama dengan masyarakat dan pengunjung yang hadir, hal ini juga menjadikan lebih dekatnya masyarakat dengan pemimpinnya,  yakni Gubernur Sahbirin Noor. (ASC/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.