3 Maret 2021

198 PMKS Ditampung Dinsos Banjarbaru Sepanjang 2018

2 min read

Kepala Dinas Sosial Banjarbaru, Masjudin Noor.

BANJARBARU – Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah seseorang, keluarga atau kelompok masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani, rohani dan sosial secara memadai dan wajar. Hambatan, kesulitan dan gangguan tersebut dapat berupa kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial, keterbelakangan, keterasingan/keterpencilan dan perubahan lingkungan (secara mendadak) yang kurang mendukung, seperti terjadinya bencana.

Di Banjarbaru sendiri juga banyak PMKS, seperti yang baru-baru saja ditampung yaitu oknum manusia gerobak,  PSK di eks lokalisasi Pembatuan dan juga beberapa lansia yang terlantar.

Kepada Abdi Persada FM Pramu Sosial Rumah Singgah Dinas Sosial Banjarbaru Devi Rosalia mengatakan sepanjang tahun 2018, pihaknya sudah menampung 198 PMKS.

“198 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ini terdiri dari orang terlantar, wanita tuna susila, anak-anak korban penyalahgunaan napza, sampai lansia terlantar,” jelas Devi

Devi menambahkan orang-orang yang ditampung di rumah singgah Dinas Sosial kota Banjarbaru diajari untuk bisa merawat diri sendiri mulai dari potong kuku, rambut, dan mandi.

Bukan hanya itu saja mereka juga diberikan kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah di masjid.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Banjarbaru Masjudin Noor mengatakan sebagai orang yang mengabdi dibidang sosial seperti ini, pihaknya harus ikhlas karena hal tersebut bisa saja terjadi kepada diri sendiri, keluarga ataupun kerabat sendiri.

“Kami harus ikhlas bekerja, Syukur Alhamdulillah bisa membantu saudara kami, hal ini merupakan ladang amal dan untuk mengingatkan pada diri sendiri, karena kami berpikir, ini bisa saja terjadi kepada kami sendiri, terjadi pada keluarga ataupun kerabat kami yang ada,” ucap Masjudin.

Masjudin berharap kedepannya segala segi pelayanan yang mereka berikan kepada para PMKS bisa terus meningkat dan tentu saja Masjudin meyakini hal itu karena banyak perhatian yang telah diberikan oleh pemerintah kota Banjarbaru. (TR01/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.