5 Maret 2021

Anita Juara Bertahan Pada Kontes Durian

2 min read

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor didampingi Bupati Banjar Khalillurahman menyerahkan hadiah kepada juara 1 Kontes Durian Anita Fitriani

BANJAR – Kontes Durian se kabupaten Banjar yang diselenggarakan di Objek Wiasata Danau Tamiyang Desa Mandi Kapau Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar lagi-lagi diraih Anita Fitriani Warga Desa Bi’ih. Anita Fitriani mendapatkan juara satu berturut-turut pada kontes durian, yang merupakan acara tahunan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kepada Wartawan Anita Fitriani mengungkapkan dirinya merasa bersyukur, senang dan bahagia serta bangga bisa meraih kembali sebagai juara satu kontes durian yang kedua kalinya ini.

Untuk buah durian yang diikutkan perlombaan kali ini Ia beri nama si Lasung berbeda dengan tahun lalu yang namanya si Bamban yang juga meraih juara satu. Nama si Lasung karena menurut Anita pada saat menanam bibit pohon durian tersebut ada terdapat tempat penumbuk padi di bawah pohon tersebut atau istilah banjar disebut lasung.

“Pohon durian si Lasung ini tingginya kurang lebih 10 meter dan sudah berusia 15 tahun, tumbuhnya berdekatan dengan pohon durian si Bamban, tidak ada perawatan khusus terhadap pohon ini. Karena memang seperti itu yang datang dari induknya,” kata Anita.

Untuk Buah durian si Lasung ini menurut Anita buahnya agak besar, berwarna kuning dan tebal mempunyai aroma yang harum, dan di tempatnya buah ini di jual seharga Rp25.000 per bijinya.

Untuk selanjutnya Anita pun siap untuk mengikuti Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang akan diselenggarakan di Desa Kiram Kecamatan Karang Intan pada Kamis 24 Januari mendatang.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang juga turut hadir pada kontes durian kali ini sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Dengan penilaian sangat ketat baik dari segi teksturnya, ukurannya, ketebalan isinya dan aromanya, saya pikir ini kegiatan yang luar biasa digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banjar dan sebentar lagi pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan juga menggelar kontes durian setingkat provinsi dan pesertanya antar Kabupaten di Kalsel, saya berharap ini terus ditingkatkan, kalau bisa sampai tingkat nasional,” harap Sahbirin Noor.

Untuk peserta pemenang kontes durian kali ini selain Anita Fitriani sebagai juara satu,  ada pula juara dua Supriadi dari desa Bi ih dengan nama durian si Tembaga, juara tiga diraih Ardani dari Desa Mandi Kapau dengan nama durian si Waluh  sedangkan untuk juara harapan satu Nursamsi dari desa Bi ih dengan nama durian si Taruna,  harapan dua Masnun dari desa mandi kapau timur dengan nama si Kanas dan juara Harapan 3 diraih Muhammad Solihin dari desa Mandi Kapau Barat dengan nama durian si Elang. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.