18 Juni 2021

Tiga Daerah Kunjungi Dewan Banjarmasin Dalam Sehari Ini

2 min read

: Ketua DPRD Kota Banjarmasin Ananda duduk paling ujung, saat menerima tamu di ruang paripurna pada Selasa (22/01/2019).

BANJARMASIN – Sebanyak tiga perwakilan DPRD dari tiga daerah, study komparatif di DPRD Kota Banjarmasin, pada Selasa (22/1). Ketiga tamu luar daerah itu yakni, dari DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), DPRD Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah, dan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur Hamsin, kunjungan ini study komparatif tentang menyusun perencanaan pembangunan yang baik. Mengingat luas wilayah Kota Banjarmasin cukup besar dan untuk jumlah jalan mencapai ribuan kilometer, namun mampu Berkembang. Sedangkan di wilayah Kotawaringin Timur untuk panjang jalan padahal sudah mencapai 3000 Kilometer, namun baru bisa dinikmati sekitar 500 Kilometer saja, ini artinya masih 2500 Kilometer yang harus dibangun.

“Peran DPRD Kota Banjarmasin, ternyata sangat besar dalam mengambil kebijakan untuk  perencanaan sebuah pembangunan,” kata Hamsin. Hasil kunjungan kerja ini akan ditiru untuk di wilayahnya nanti.

Lain lagi dengan Magetan. Ketua Komisi C Kabupaten Magetan Sutono menilai, banyak yang menarik di Kota Banjarmasin, diantaranya kemampuan menangani aset daerah, karena aset-aset itu bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah, kalau didata dan dikelola dengan baik.”Penanganan semua aset baik yang bergerak dan tidak bergerak akan diadopsi,” ucap Sutono.

Hasil penjabaran yang disampaikan pihak Dewan Kota dinilai berpengaruh besar bagi peningkatan PAD.

Menanggapi hal itu Ketua DPRD Banjarmasin Ananda dalam jumpa persnya menjelaskan, kedatangan tamu dari sejumlah komisi ini membuktikan, bahwa kebijakan dan pencapaian kinerja antara eksekutif dan legislatif terjalin bersinergi. Selain itu kemampuan menata aset secara bertahap melalui perda pengelolaan barang milik daerah.

“Awal Tahun 2019 ini sudah banyak daerah lain yang berkunjung ke Banjarmasin, tidak hanya dari DPRD namun juga instansi lainnya,” ujar Ananda.

Dirinya menilai, selama ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Dewan dan Pemerintah Kota Banjarmasin, karena bisa memberikan masukan dan pengetahuan bagi daerah lain dalam mengambil kebijakan serta menerapkan aturan yang lebih baik. Dalam menerima tamu biasanya Dinas terkait juga diundang agar lebih jelas memberi saran ke para tamu luar daerah begitu juga di lintas Provinsi. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.