13 April 2021

Kartu Perkawinan Tidak Menggantikan Buku Nikah

1 min read

Ilustrasi kartu nikah sebagai pendamping buku nikah yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama RI.

BANJARMASIN – Sebagian besar warga di Kalimantan Selatan, masih beranggapan jika Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Kantor Kementerian Agama di daerah, akan mengganti buku nikah menjadi kartu nikah. Ternyata anggapan tersebut, tidaklah benar. Seperti yang disampaikan Kabid Urais Kementerian Agama Provinsi Kalsel Sawiti, pada program acara Topik Kita Hari Ini (TKHI) di Radio Abdi Persada, Selasa (22/1).

Sawiti menyampaikan, pihaknya sampai saat ini terus melakukan sosialisasi di 13 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan mengenai kartu perkawinan ini. Disampaikannya, buku nikah tetap diberikan bersamaan dengan kartu perkawinan. Nantinya, warga yang menikah akan mendapatkan dua bukti pernikahannya. Yaitu, buku nikah dan kartu perkawinan.

“Bagi pasangan yang melangsungkan pernikahan, akan mendapatkan dua bukti, yaitu, buku nikah serta kartu perkawinan,” ujar Sawiti.

Sawiti mengandaikan, ibarat membeli sepeda motor, warga memiliki dua bukti kepemilikan, yakni, buku BPKB dan STNK.

“BPKB untuk disimpan di rumah, sedangkan STNK dibawa kemana-mana. Sama halnya dengan buku nikah dan kartu perkawinan,” ucapnya.

Buku nikah ini, lanjut Sawiti, yang disimpan pemilik di rumah, serta kartu perkawinan yang berbentuk seperti kartu atm ini yang bisa dibawa kemana-mana.

“Jadi tidak benar, jika ada kabar yang mengatakan, buku nikah akan digantikan dengan kartu perkawinan,” tegas Sawiti.

Dalam kesempatan tersebut, Sawiti juga memberitahukan kepada seluruh warga Kalimantan Selatan, mengenai pembuatan kartu perkawinan dan buku nikah yang tidak dipungut biaya sepeser pun dari Kementerian Agama.

“Apabila masyarakat menemukan adanya pemungutan biaya atas pembuatan kartu perkawinan dan buku nikah tersebut, dipersilakan untuk melaporkan ke Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan dengan membawa bukti pendukung,” pungkasnya. (SRI/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.