6 Maret 2021

Berwisata Sekaligus Menikmati Durian Varietas Unggul, Ke Sini Aja

2 min read

Gubernur Kalimantan selatan Sahbirin Noor (pakai topi cokelat) dan Bupati Banjar Khalilurrahman (pakai peci) bersama pemenang kontes durian.

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura menggelar Kontes Durian dan gelar buah Eksotis di objek Wisata Danau Tamiyang Desa Mandi Kapau Kecamatan Karang Intan, Selasa (22/1) pagi.

Kontes Durian dan gelar Buah Eksotis Banjar di hadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Bupati Banjar Khalillurahman,  hadir pula dari Kementrian Pertanian Dirjen Hortikultura Kementan Suwandi, Direktur Buah dan Florikultura Sarwo Edhy,  Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Erizal Jamal,  Pejabat Lingkup Provinsi Kalsel,  Pejabat Lingkup Banjar, perwakilan DPR Banjar Forkopimda, Camat, lurah, Kepala Desa, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan ratusan warga.

Kontes di buka oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya, Gubernur Sahbiron Npor mengajak kepada masyarakat untuk menggelorakan giat menanam pohon, salah satunya pohon durian dan harus terus dibudidayakan.  Selain itu gubernur yang akrab di sapa Paman Birin ini juga mengapresiasi terselenggarakannya kontes durian di lokasi ini, karena dapat meningkatkan Pariwisata.

“Saya bangga dan berterimakasih sekali karena kegiatan kontes Durian ini di selenggarakan di tempat Pariwisata, secara tidak langsung masyarakat telah menangkap apa yang menjadi keinginan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mewujudkan pengembangan Pariwisata,” jelas Paman Birin.

Hal senada juga disampaikan Bupati Banjar Khalilurrahman, disampaikan Bupati kegiatan seperti ini akan menarik para wisatawan untuk berkunjung ketempat ini, disamping dapat menikmati keindahan alam wisata danau tamiyang namun dapat juga menikmati enaknya durian asli dari kecamatan Karang Intan.

“Saya berharap kontes durian seperti ini dapat memunculkan durian varietas baru dan menambah koleksi durian varietas unggul di daerah kita, juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Banjar serta sekaligus membuka peluang usaha ekonomi masyarakat setempat dan yang terpenting dapat memberikan kepuasan, kenyamanan kepada para pengunjung. Oleh karena itu objek wisata harus terus dibenahi dan dikembangkan,” harap Bupati Banjar.

Sementara itu, Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Banjar Muhammad Fakhri juga menyampaikan, dilaksanakannya kontes durian ini tak lain adalah untuk mencari varietas lokal yang akan diusulkan menjadi varietas unggul nasional. Selain itu untuk memotivasi para petani durian di kabupaten ini agar dapat mengembangkan durian tersebut menjadi varietas unggul.

Lebih jauh Fakhri juga menyampaikan untuk peserta kontes kali ini berjumlah 80 peserta dari semua Kecamatan di Kabupaten Banjar yang memiliki potensi durian. Untuk indikator penilaian Fakhri menjelaskan terdiri dari ukuran buah, ketebalan daging buah, warna, tekstur dan aroma daging buah. Untuk pemenang di berikan uang pembinaan, plakat, sertifikat dan didaftakan pada pusat perlindungan varitas tanaman dan perizinan kementrian pertanian sebagai varietas unggul serta ditambah hadiah dari para sponsor.

“Antusias peserta yang mengikuti kontes ini sebenar ratusan peserta, namun menurutnya karena keterbatasan penilaian sehingga di batasi menjadi 80 orang peserta saja, di gelarnya di lokasi wisata danau tamiyang desa mandi kapau sekaligus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada ekonomi masyarakat sekitarnya,” jelas Fakhri. (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.