BanjarmasinNews

DPRD Kalsel Dukung Wacana Pembangunan Tiga SMKN

BANJARMASIN – Tahun 2019 ini, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kalsel bakal bertambah. Pemerintah Provinsi Kalsel akan membangun tiga sekolah di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Tabalong, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala. Pembangunan SMK tersebut untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat terhadap sekolah keahlian khusus ini. Selain itu, juga untuk pemerataan pendidikan bagi masyarakat, guna melahirkan pelajar yang terampil dan siap pakai terjun ke dunia usaha.

Terkait hal ini DPRD Kalsel menyambut baik dan mendukung program penambahan SMK Negeri ini. Namun legislatif menyarankan agar pemprov tidak sekedar menambah kuantitas sekolah dan melahirkan lulusan SMK, yang hanya menambah pengangguran produktif akibat tak terserap lapangan pekerjaan sesuai basic keilmuannya.

Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Zulfa Asma Vikra menyatakan prihatin masih banyaknya lulusan SMK bekerja diluar keahliannya, seperti hanya sebagai penjaga toko, sales, bahkan buruh. Ironisnya tak sedikit yang melanjutkan ke jenjang pendidikan  tak sesuai jurusan.

“Untuk itu, pemprov perlu merevitalisasi kurikulum SMK dan penyelarasan sesuai sumber daya alam yang dimiliki masing-masing daerah,” sarannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Muhammad Yusuf Effendie mengaku masih banyak lulusan SMK yang belum terserap secara maksimal oleh lapangan pekerjaan sesuai bidang keahliannya. Kondisi ini menjadi pekerjaan rumah semua pihak untuk bisa dicarikan solusinya. Namun Ia tetap memastikan, tiga SMK akan dibangun tahun 2019 ini. (NRH/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat