18 Juni 2021

500 Relawan Kebersihan Untuk Haul Guru Sekumpul

2 min read

aat Rapat berlangsung pihak antara pihak Kelurahan Sekumpul dengan para Relawan Haul Guru Sekumpul, di kantor Kelurahan

BANJAR – Para relawan Haul Guru Sekumpul ke-14 menggelar rapat bersama pihak Kelurahan Sekumpul terkait pembentukan Tim Relawan Kebersihan guna mendukung kelancaran kegiatan haul, Sabtu (19/1) sore di kantor Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.

Kepada sejumlah wartawan, Lurah Sekumpul Martapura, Gusti Marhusin usai rapat mengatakan, kegiatan rapat perdana bersama tim relawan haul ke-14 ini dihadiri perwakilan masing-masing daerah baik dalam maupun luar kota, seperti Kota Banjarmasin, bahkan dari Barito Kuala dan Kalimantan Timur. Rapat ini untuk membahas teknis kegiatan kebersihan pada saat haul maupun sesudah pelaksanaan kegiatan haul yang dilaksankan di Komplek Ar Raudhah pada 9-10 Maret 2019 mendatang. Menurut Marhusin pihaknya mendapat dukungan yang luar biasa dari berbagai instansi, baik dari pemerintah maupun organisasi yang memberikan bantuan berupa armada truk pengangkut sampah. Bahkan dari tim gabungan supir anak Kalimantan (Gasak) juga sudah menyiapkan 30 armada jenis mobil pick up untuk mengangkut sampah nanti.

Berdasarkan hasil keputusan rapat tersebut,  Marhusin menjelaskan pihaknya sudah menyusun kepengurusan tim relawan kebersihan yang selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar, untuk melakukan penyusunan rekayasa angkutan kebersihan.

Menurut Marhusin untuk sampah tersebut bisa kemungkinan langsung diangkut dari pusat kegiatan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cahaya Kencana agar lebih efektif, efisien dan cepat dalam penanganan kebersihan.

“Dari hasil rekayasa kebersihan tersebut akan terlihat zona titik kumpul, transit, bahkan kalau memang bisa, dilakukan pengangkutan langsung ke TPA Cahaya Kencana,” jelas Marhusin.

Dengan diturunkannya tim relawan kebersihan, Marhusin pun berharap penanganan sampah di lokasi kegiatan haul dapat diatasi dengan baik.

Dirinya juga berharap para tim relawan kebersihan dalam menjalankan tugasnya dilapangan dapat mengerti, memahami, tabah, dan ikhlas, serta sabar. Karena menurutnya saat dilapangan nantinya banyak hal yang akan ditemui. Untuk itu, dirinya meminta kepada jamaah yang berhadir agar berkenan membawa tempat sampah sendiri, dan membantu memungutnya. Sehingga tim relawan kebersihan tidak kerepotan untuk mengangkutnya. Menurut Marhusin Intinya kunci keberhasilan dalam menangani kebersihan ini kembali lagi kepada jamaah yang datang.

Sementara itu,  Koordinator Relawan Kebersihan Haul ke-14 Sekumpul sekaligus Seksi kebersihan Sekumpul, Johansyah  mengatakan sejak Posko Induk Sekumpul mengeluarkan surat edaran, baik melalui Facebook Ar Raudhah Sekumpul, Instagram maupun melalui via telphon atau aplikasi WhatsApp, untuk jumlah relawan kebersihan yang saat ini sudah terdaftar kurang lebih 500 orang, terdiri dari relawan kebersihan Martapura, Kaltim, Barito Kuala, dan Banjarmasin, serta ada pula dari Kota Bandung.

“untuk jumlah relawan kebersihan ini tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah,” pungkas Johansyah. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.