21 Juni 2021

Pemuda Muhammadiyah Kalsel Tegaskan Tak Berpolitik Praktis

2 min read

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalsel bersama Komisi IV DPRD Kalsel berfoto bersama setelah audiensi, Jum'at (18/1/2019)

BANJARMASIN – Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan (Kalsel) menegaskan tidak berpolitik praktis pada Pilpres dan Pileg Tahun 2019.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalsel, Abdul Gani kepada wartawan, usai melakukan audiensi dengan Komisi IV DPRD Kalsel di Banjarmasin, Jum’at (18/1). Menurutnya, Muhammadiyah termasuk Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakatan tidak berafiliasi dengan partai politik manapun pada Pemilu 2019 ini. Namun, Muhammadiyah juga tidak akan menghalangi-halangi kadernya yang berkeinginan untuk terjun ke politik praktis. Namun, menurut Gani, ketika kader Pemuda Muhammadiyah yang maju berpolitik maka yang bersangkutan harus mundur dari jabatan ketua atau pimpinan amal usaha lainnya. Hal ini sudah menjadi komitmen Pemuda Muhammadiyah secara nasional.

Gani mengakui di Kalsel, ada beberapa kader Pemuda Muhammadiyah yang terjun ke dunia politik pada Pemilu tahun 2019 ini.

“Mereka terjun ke politik secara pribadi dan kami mendukung,” katanya.

Sementara, terkait dengan pernyataan Pemuda Muhammadiyah Kalsel bersikap netral dalam menghadapi Pemilu 2019, Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Zulfa Asma Vikra berpendapat hal itu merupakan hak mereka. Namun, menurutnya ketika ada kader Pemuda Muhammadiyah secara individu terjun ke politik praktis. Hal itu juga merupakan hak warga negara untuk berpolitik,” katanya.

Lebih lanjut, Zulfa menyatakan para wakil rakyat di Komisi IB sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang telah disusun oleh Pemuda Muhammadiyah Kalsel.

“Apalagi program-program tersebut juga mendukung pembangunan pemerintah daerah di Banua,” katanya.

Seperti diketahui, Kedatangan Pimpinan¬† Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalsel ke Komisi IV DPRD Kalsel pada Jum’at (18/1) itu untuk melakukan audiensi terkait dengan rencana penyelenggaraan Musyarawah Wilayah ke XV Pemuda Muhammadiyah yang akan dilaksanakan pada 15 – 18 Februari 2019 mendatang di kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Selain itu, Pemuda Muhammadiyah Kalsel juga menyampaikan program kerja mereka ditahun 2019 dan 2020. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.