20 Juni 2021

Alat Peraga Kampanye Tidak Boleh Ada di Kawasan Haul Sekumpul

3 min read

Saat rapat kesepakatan berlangsung di Aula Kesbangpol Banjar.

BANJAR – Pertanggal 1 hingga 14 Maret 2019 yang akan datang, Alat Peraga Kampanye (APK) di kawasan Sekumpul di stop sementara waktu. Hal ini dilakukan untuk menghormati peringatan Haul KH. Zaini Abdul Ghani atau yang akrab di sebut Abah Guru Sekumpul ke-14  diselenggarakan pada tanggal 9-10 Maret mendatang. APK ini harus disterilkan dengan radius 4 Km dari pusat peringatan haul.

Kesepakatan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan bersama-sama dengan Kesbangpol Banjar, KPU Banjar, Bawaslu Banjar, Camat Martapura, Lurah Sekumpul, Perwakilan Partai Politik Kabupaten Banjar dan Para Relawan Haul Abah Guru Sekumpul yang ke-14, Kamis (17/1) sore di Aula Kesbangpol Banjar Martapura.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Banjar Aslam mengatakan mengatakan, dirinya bersyukur dan mengapresiasi kepada semua partai politik pemilu di Kabupaten Banjar telah mendukung dan menyetujui atas hasil rapat bersama, bahwa disepakati kawasan Haul Abah Guru Sekumpul harus bebas dari APK sejak 1 hingga 14 Maret 2019. Sementara batasan yang harus disterilkan adalah radius 4 Km dengan patokan kantor Kecamatan Martapura, seperti dari pusat acara Haul Abah Guru Sekumpul yang diantaranya mencakup pusat perkumpulan jama’ah, batasan kantong parkir hingga jalur utama kepadatan arus lalu lintas.

” Alhamdulillah semua partai mendukung, dan untuk pelepasan atribut APK nantinya berdasarkan hasil kesepakatan rapat tersebut pihak partainya sendiri yang akan melepas. Saya atas nama Pemerintah  daerah menganggapi sangat luar biasa atas kesepakatan ini,” ungkap Aslam.

Hal senada juga di sampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar Fajeri Tamzidillah, dikatakan  Fajeri berdasarkan permintaan para relawan Haul Abah Guru Sekumpul,  mereka meminta agar pada saat prosesi Haul nantinya tidak ada alat peraga kampanye (APK) yang terpasang atau steril dari kawasan tersebut, dan dari hasil rapat tersebut disepakati oleh semua pihak perwakilan yang berhadir tidak ada pemasangan APK dari tanggal 1 hingga 14 Maret 2019.

“Nanti kita akan buatkan berita acara kesepakatan atau komitmen bersama untuk di tandatangi bersama,” kata Fajeri.

Terkait wilayah perbatasan Banjarbaru yang masih memasuki kawasan Haul Abah Guru Sekumpul, pihaknya dari Bawaslu Banjar akan mengkomunikasikan dengan Bawaslu Banjarbaru dan berharap Pemerintah Kota Banjarbaru dan pimpinan dari partai politik wilayah Banjarbaru dapat menyikapi hal ini secepatnaya.

“Pihak kami tidak mungkin menentukan keputusan untuk wilayah Banjarbaru sesuai apa yang menjadi kesepakatan kami di sini, dan nanti akan kami komunikaskan dengan rekan-rekan Bawaslu Banjarbaru agar secepatnya disikapi,” kata Fajeri.

Sementara itu Koordinator Lapangan Relawan Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul H Abdel Rahman mengatakan, berdasarkan hasil rapat yang digelar sudah sesuai dengan apa yang dikehendaki. Artinya dalam acara keagamaan tersebut untuk seluruh partai sudah mempunyai kesadaran masing-masing melepas atribut partai, sehingga steril dari hal-hal yang berbau politik.

“Alhamdulillah semua partai politik mendukung untuk area haul dengan radius 4 Km bebas dari APK, awalnya  kami telah mengusulkan seminggu sebelum kegiatan APK sudah harus di lepas namun dari hasil rapat ini ternyata respon dari kawan-kawan partai poilitik sangat bagus sehingga di sepakati dari tanggal 1 hingga 14 maret, artinya apa yang menjadi kami tercapai,” ujarnya.

Abdel juga menegaskan saat menjelang acara haul nantinya untuk seluruh caleg agar tidak memanfaatkan lingkungan di sekitar posko yang tersebar di beberapa titik di Kabupaten Banjar untuk menarik perhatian jamaah sembari mempromosikan diri.

“Kita tidak menghendaki adanya spanduk atau umbul-umbul seperti ucapan selamat datang yang berbau politik atau berbau sponsor. Dan kami akan mentoleransi ucapan selamat datang atas nama warga, Kampung, Mesjid Musholla atau atas nama instansi,” tegas Abdel. (AF/RDM/WYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.