7 Maret 2021

Marak Pengrusakan APK, Bawaslu Didesak Segera Lakukan Investigasi

1 min read

APK Caleg yang diduga dirusak di salah satu sudut kota Banjarmasin.

BANJARMASIN – Puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) milik Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari berbagai partai politik di Kalsel yang terpajang di ruang publik mengalami kerusakan parah. Kondisi ini diduga sengaja dirusak orang tidak dikenal. Masalah ini menuai keresahan, karena menurut Korwil Satu Pemenangan Partai Gerindra Kalsel, Muhammad Lutfi Saifuddin, sudah masuk kasus pidana pemilu yang dinilai mencederai proses demokrasi. Sehingga untuk mengungkap kasus ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel didesak untuk melakukan investigasi.

“Merusak APK masuk tindakan pidana. Oknum pelaku harus ditindak tegas agar tak mengulangi perbuatannya,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Harian Partai Golkar Kalsel, Supian HK mengaku tak ambil pusing terkait pengrusakan APK, termasuk milik Caleg Golkar ini. Ia juga berpesan kepada semua Caleg dari partainya untuk tidak menggubris hal ini.

“Para caleg Golkar fokus melakukan kampanye sehingga tak perlu menggubris kasus ini,” pesannya.

Sebelumnya Bawaslu Kalsel menyebutkan pengrusakan APK termasuk tindakan pidana. Pelaku bisa dijerat pasal 521 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dengan ancaman 2 tahun penjara atau sanksi denda Rp24 juta. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.