27 Juli 2021

Penghasilan Minim Tak Halangi Guru Honorer Untuk Cerdaskan Anak Bangsa

2 min read

Ilustrasi guru mengajar

BANJARMASIN – Penghasilan minim, bahkan kerap honor bulanan tak menutupi biaya operasional tak menghalangu Guru Tidak Tetap (GTT) untuk mencerdaskan para siswanya. Juliana Fitriani, seorang GTT yang mengajar Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMKN) 5 Banjarmasin mengaku dirinya sudah enam tahun mengabdi di lembaga pendidikan plat merah yang berlokasi di Jalan Sultan Adam Kecamatan Banjarmasin Utara ini untuk membekali ratusan anak didiknya. Ia menyadari berprofesi sebagai guru honorer berpenghasilan minim. Setiap bulan hanya menerima Rp1 juta dari Pemprov Kalsel. Secara rasional, nominal itu tak mungkin cukup untuk biaya hidup. Tetapi tak mengurungkan niatnya tetap berbagi ilmu untuk mencerdaskan putra-putri Banua. Untuk menutupi kekurangan, Fitri (panggilan akrabnya) mencari penghasilan tambahan dengan memberikan bimbingan belajar atau les di luar sekolah.

“Meskipun penghasilan guru honorer ini pas-pasan, tapi saya tetap bangga,” katanya.

Nasib serupa juga dialami guru non ASN, Barsiyah Noor yang mengajar Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah yang sama.  Bahkan ia mengaku pernah terbersit untuk pindah dari dunia pendidikan yang dilakoninya 11 tahun terakhir ini. Namun niat itu urung dilakukannya karena selalu terbayang wajah-wajah anak didiknya. Sehingga membuatnya betah mengabdi ditengah minimnya honor. Menurutnya, soal penghasilan relatif tergantung sudut pandang masing-masing individu. Baginya gaji yang diterima sudah cukup. Pernah beberapa kali gagal melamar menjadi CPNS, ia mengaku tetap ikhlas mengabdi.

“Namun saya berharap suatu hari nanti nasib saya bisa lebih baik dan mendapatkan perhatian serius pemerintah,” katanya.

Sementara terkait wacana kenaikan honor guru non PNS sekolah negeri dari Rp1 juta menjadi Rp1,5 juta disambut hangat keduanya. Bagi mereka, kebijakan ini angin segar bagi GTT. Meski secara ideal minimal upah yang layak adalah UMR atau UMP. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?