BanjarmasinNews

KPUD Kalsel: Tingkat Partisipasi Pemilih Harus 77,5 Persen

BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalimantan Selatan menargetkan tingkat partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen pada Pemilu serentak Tahun 2019.

Hal itu disampaikan Ketua KPUD Kalsel, Edy Ariansyah kepada wartawan. Menurutnya, KPU tidak hanya mendorong partisipasi pemilih secara kuantitas, namun juga secara kualitas. Artinya pemilih hadir dengan pemahaman yang memadai, mengetahui tata cara dan prosedurnya, hak konstitusionalnya disalurkan dengan cara yang benar dan tepat serta tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Sehingga proses yang dilakukan pemilih menjadikan efek yang berkualitas bagi pembangunan demokrasi di Indonesia.

Lebih lanjut, Edy menambahkan diperlukan integritas untuk dijunjung tinggi demi suksesnya pelaksanaan pemilu 2019. Integritas merupakan landasan utama yang ada dalam setiap penyelenggara sehingga masyarakat sebagai pemilih tidak akan kehilangan rasa percaya terhadap penyelenggara. Tetapi, integritas tersebut sesungguhnya tidak saja tertuju pada penyelenggara, tetapi peserta pemilu sebagai kontestan, partai politik sebagai pengusung dan masyarakat sebagai pemilih.

“Misalnya, terhadap politik uang, hal itu tidak akan terjadi jika peserta pemilu dan pemilihnya memiliki integritas,” katanya.

Oleh karena itu, semua pihak diharapkan turut mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pemilu dengan baik dan demokratis pada 17 april 2019 nanti. (NRH/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat