13 April 2021

Kelurahan Sekumpul Lakukan Persiapan Dini Untuk Peringati Haul Guru Sekumpul

2 min read

Lurah Sekumpul Marhusin (pakai topi) melakukan peninjauan kelokasi drainase di kawasan Sekumpul Martapura.

BANJAR – Untuk mendukung kelancaran Haul KH Zaini Abdul Ghani atau yang bisa dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul ke 14 tahun ini yang diselenggarakan pada bulan Maret mendatang, Kelurahan Sekumpul bersama dinas terkait melakukan berbagai persiapan lebih awal.

Lurah Sekumpul Gusti Marhusin kepada Abdi Persada Fm, Selasa (15/1) siang saat berada di lokasi pembenahan drainase menyampaikan, dirinya bersyukur dan sangat mengapresiasi kepada dinas-dinas terkait yang sudah mendukung atas kelancaran haul nantinya, seperti Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan dan BPBD Kabupaten Banjar serta dinas terkait lainnya.

Marhusin juga menjelaskan menyambut Haul Guru Sekumpul nanti, sejak dini pihaknya telah melakukan persiapan. Misalnya dengan melakukan pembersihan dan pembenahan drainase yang mampet dengan membersihkan sampah-sampah pada saluran air tersebut.

“Permasalahan drainase di daerah ini seperti tahun-tahun yang lalu memang menjadi persolaan yang serius, dan hari ini kami bersama jajaran Dinas PUPR telah melakukan pembersihan got-got, dan kepada masyarakat yang melintas di daearah ini kami menghimbau jangan membuang sampah ke dalam got,” tegas Marhusin.

Lebih lanjut Marhusin juga menambahkan, tidak hanya drainase yang menjadi persiapan pihaknya, namun juga melakukan membuka lahan-lahan parkir baru, karena menurut Marhusin dari pengalaman tahun lalu jama’ah yang hadir sangat membludak hingga ke perbatasan Sekumpul bahkan keluar daerah Sekumpul, sehingga perlu adanya penambahan lahan parkir baru. Dengan penambahan luasan area parkir nantinya diharapkan bisa menampung semua kendaraaan jama’ah

Tidak hanya sampai di situ, Marhusin juga menjelaskan untuk mengantisipasi banyaknya buangan sampah yang terjadi pada kegiatan haul nanti, maka pihak Keluraham Sekumpul bersama Posko Induk Panitia Haul Sekumpul akan membentuk Tim Khusus Relawan Kebersihan. Menurut Marhusin pembentukan ini berdasarkan evaluasi pada kegiatan-kegiatan tahun lalu, sehingga pihaknya akan melakukan rapat khusus pada sabtu mendatang membahasa soal tekhnis penanganan kebersihan di lokasi haul nantinya.

Lebih jauh Marhusin menjelaskan pembentukan tim khusus kebersihan ini  di lakukan untuk kenyamanan para jama’ah.

Selain itu Marhusin juga meminta kepada para jama’ah yang berhadir agar berkenan menjaga kebersihan dengan membawa kantong sampah plastik, sehingga begitu selesai kegiatan, para jama’ah bisa memasukan bekas makanan dan minuman atau sampah lainnya kedalam kantong sampah plastik tersebut yang nantinya akan mempermudah  para tim relawan kebersihan untuk membersihkan dan pengangkutnya.

“Tim khusus kebersihan tersebut terdiri dari unsur peduli lingkungan,  pencinta alam,  masyarakat umum, organisasi pelajar, organisasi mahasiswa dan unsur lainya, dan saat ini tim relawan kebersihan yang sudah terdaftar sekitar 500 orang lebih dan ada kemungkinan akan bertambah. (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.