BanjarmasinNews

Dewan Banjarmasin : Revitalisasi Pasar Direncanakan yang Sistematis

BANJARMASIN – Wacana Pemerintah Kota  Banjarmasin untuk merevitalisasi dua pasar di kota seribu sungai ini,  yakni Pasar Sudimampir dan Ujung Murung, harus direncanakan dengan matang, karena ada beberapa bangunan yang berstatus Hak Guna Bangunan (HGB) dan Sertifikat Hak Milik (SHM). Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasi Faisal Heriyadi. Menurutnya, pemko harus mendata ulang bangunan yang berstatus (HGB), (SHM), dan masih status sewa. Supaya nanti tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari, apalagi total  jumlah pedagang lebih 1.500 toko.

“Proses itu memerlukan waktu lama, namun alangkah lebih baik membuat kesepakatan,” ucapnya.

Faisal menilai, bila kedepannya menghasilkan keinginan yang sama antara para pedagang dan Pemerintah Kota, maka dipastikan dapat memberi pelayanan yang lebih baik.

Seperti diketahui, setelah beberapa kali pergantian Walikota Banjarmasin, wacana revitalisasi kedua pasar tersebut belum pernah terealisasi.

Dengan diwacanakannya lagi di tahun 2019ini,  apalagi di bawah kepemimpinan Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Hermasyah, revitalisasi itu dapat saja segera teraksana, mengingat pasar itu merupakan sentra grosir terbesar di Kalimantan Selatan, artinya merupakan pusat perdagangan yang menjadi primadona di Kota ini.

Politisi PAN ini juga menginginkan, bila nanti jadi dilakukan revitalisasi, maka para pedagang dan pemkot Banjarmasin harus mencari lokasi sementara, namun tidak jauh lokasi yang ada agar tidak menghambat aktivitas perdagangannya. Selain itu harus diperhatikan keamanan, menyediakan fasilitas umum yang layak, bahkan tempat parkir memadai. (NHF/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat