23 Juni 2021

Awal Februari, BRT Banjarbakula Beroperasi

2 min read

lima unit BRT yang akan dioperasikan pada Februari 2019

BANJARMASIN – Mimpi Kalimantan Selatan untuk mengoperasikan moda transportasi massal yang nyaman, bersih dan murah, sebentar lagi akan terwujud. Diawali dengan kedatangan 5 armada Bus Rapid Transit (BRT) pada tahun 2018 lalu, dari 56 unit yang dijanjikan kementrian perhubungan. Dimana pada awal tahun 2019 ini, tepatnya pada awal Februari nanti, 5 unit BRT itu akan beroperasi di 3 wilayah kabupaten kota di Kalimantan Selatan. Yakni kota Banjarmasin, Banjarbaru dan kabupaten Banjar, yang tersambung pada 2 koridor dari 6 koridor yang direncanakan.

Terkait rencana pengoperasian ini, maka menurut sekretaris dinas perhubungan Kalimantan Selatan Khairil Anwar, pihaknya menggelar sosialisasi operasional BRT Banjarbakula pada Kamis (10/1) di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin. Kepada Abdi Persada FM, Khairil menjelaskan, sosialisasi sengaja dilakukan, untuk memastikan seluruh daerah yang masuk rute BRT, siap dengan segala konsekuensi pengoperasian moda transportasi massal tersebut.

“Karena itulah sosialisasi ini mengundang seluruh stakeholder yang terkait langsung dengan BRT. Yakni pemerintah 5 kabupaten kota Banjarbakula, Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola dan Tanah Laut. Termasuk dinas perhubungannya,” jelas Khairil.

Sosialisasi ini juga mengundang Organda (Organisasi Angkutan Darat) yang secara langsung, menurut Khairil akan terkena dampak pengoperasian BRT pada Februari nanti.

“Kami menawarkan kerjasama kepada mereka, salah satunya sebagai angkutan antara atau penghubung bagi calon penumpang, dari kawasan pemukimannya ke halte BRT terdekat. Dengan begitu, para sopir kendaraan umum lainnya akan tetap terayomi,” tambahnya.

Khairil mengakui, saat ini halte BRT belum sepenuhnya terbangun. Karena rencananya, proses pembangunan halte pun baru akan dimulai pada Februari nanti, oleh sejumlah perusahaan di Kalimantan Selatan, melalui program CSR mereka.

“Untuk sementara, BRT menggunakan halte yang sudah eksis, dan tinggal ditambah rambu pemberitahuan. Salah satunya halte di seberang Mapolresta Banjarmasin, dan di depan kantor AirNav Landasan Ulin Banjarbaru,” tutupnya. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.