BanjarNews

Pola Hidup Sehat Cegah DBD

BANJAR – Sejak awal tahun 2019, terdapat 6 (enam) kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditangani UPT Puskesmas Kertak Hanyar Kabupaten Banjar hingga saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala UPT Puskesmas Kertak Hanyar, Seger kepada Abdi Persada Fm, Rabu (9/1) siang.

Disampaikan Seger sepanjang tahun 2018 yang lalu kasus DBD yang di tangani UPT berjumlah 26 kasus. Sementara, dalam minggu ini kasus DBD yang ditangani pihaknya memang terjadi peningkatan, oleh karena itu Seger menjelaskan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya pencegahan untuk menekan angka peningkatan DBD di wilayahnya, yakni dengan melakukan penyelidikan secara epidimologi berdasarkan laporan masyarakat dengan kunjungan kerumah-kerumah melihat secara langsung, apakah ada perkembangbiakan jentik-jetik di sekitar area yang terkena DBD.

“Dari hasil laporan masyarakat apabila ada yang terkena DBD, kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar untuk dilakukan foging, selain itu kami bersama masyarakat akan memberantas sarang-sarang nyamuk,”jelas Seger.

Selanjutnya Seger menjelaskan pentingnya akan kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat sebagai upaya untuk pencegahan terhadap DBD, yakni dengan cara melakukan peningkatan pembersihan sarang nyamuk seperti tempat-tempat penampungan air, seperti botol-botol, ban-ban bekas atau tempat-tempat yang berpotensi berkembangbiaknya nyamuk.
“Pecegahan DBD melalui foging tidak di rasa cukup kalau tidak ada upaya masyarakat yang mau secara sukarela untuk memberantas sarang nyamuk karena foging hanya dapat membunuh nyamuk dewasa sedangakan telur nyamuk masih dapat berkembang biak,” ujar Seger.

Selanjutnya Seger juga menyarankan, apabila masyarakat mengalami demam tinggi secara tiba-tiba agar cepat dibawa kepada layanan kesehatan terdekat, untuk segera di tangani apakah si penderita positif terkena DBD atau tidak. (AF/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat