23 Juni 2021

3 Tahun, Duet Sahbirin – Rudy, Raup 57 Penghargaan

2 min read

Gubernur Kalsel saat memberikan sambutan pada acara di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin Rabu pagi (9/01).

BANJARMASIN – Penghargaan dalam bentuk piala, piagam ataupun sertifikat bagi sebuah tatanan pemerintahan, tentunya menjadi kebanggan tersendiri. Apalagi jika penghargaan itu, diserahkan langsung oleh orang nomor satu di.Indonesia, presiden Joko Widodo, ataupun wakil presiden Yusuf Kalla, kepada kepala daerah berprestasi. Pengalaman itu sudah dirasakan gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan wakil gubernur Rudy Resnawan, sebanyak 57 kali pada 3 tahun masa pemerintahan duet pemimpin ini di Kalsel. Baik pada bidang pendidikan, ketenagakerjaan, sosial budaya hingga olahraga.

Fakta itu disampaikan gubernur Sahbirin Noor dalam sambutannya, saat menghadiri penyerahan penghargaan Antara Award 2018 dan gathering di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, pada Rabu pagi (9/1).
Dalam sambutannya, gubernur yang biasa disapa Paman Birin itu mengatakan, prestasi pemerintah provinsi Kalsel selama 3 tahun terakhir itu, juga tidak lepas dari sinergitas bersama pemerintah kabupaten kota.
“Contohnya walikota Banjarmasin melalui program tanpa kantong plastik. Dimana secara tidak langsung juga mengurangi jumlah sampah plastik di Kalimantan Selatan. Begitu juga program penghapusan jamban apung oleh pemerintah kabupaten Banjar, juga sangat mendukung program pemerintah provinsi untuk menciptakan Kalsel yang lebih sehat,” jelasnya.

Tidak ketinggalan, Paman Birin juga memuji Srikandi Barito Kuala bupati Noormiliyani, yang sudah berhasil menekan jumlah desa tertinggal.
“Bahkan secara nasional, Batola menjadi acuan kesuksesan pelaksanaan program Dana Desa. Dimana dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat itu, sudah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan kawasan pedesaan, dan dilaporkan dengan tepat serta bertanggung jawab penggunaannya,” urainya.

Pada Rabu (9/1), melalui program Revolusi Hijau yang digaungkannya sejak awal kepemimpinan, gubernur Kalsel Sahbirin Noor menjadi salah satu dari 14 penerima Antara Award 2018. Sisanya 13 orang, merupakan bupati walikota dari 13 kabupaten/kota di Kalsel. Diantaranya walikota Banjarmasin Ibnu Sina, dengan program larangan penggunaan kantong plastik, bupati Banjar Khalilurrahman dengan program penghapusan jamban apung, serta bupati Hulu Sungai Utara Abdul Wahid dengan keberhasilannya menekan angka pernikahan dini. Selain itu ada pula bupati Batola Normiliyani yang dinilai berhasil mengurangi jumlah desa tertinggal, dan Plt Bupati Hulu Sungai Tengah Ahmad Chairansyah yang mampu mempertahankan kelestarian kawasan Pegunungan Meratus. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.