18 Juni 2021

Pemasangan APK Caleg Tak Beraturan Memicu Rusaknya Keindahan Lingkungan  

2 min read

Pengamat Politik Banua, Sutarto, ketika diwawancarai wartawan di Banjarmasin, Selasa (8/1/2019).

BANJARMASIN – Pantauan di lapangan, nyaris  semua titik kota di Banjarmasin disemarakkan baliho, spanduk dan atribut Calon Legislatif (Caleg) serta bendera Partai Politik (Parpol). Tak hanya ditengah kota, Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu menyasar hingga ke pelosok lingkungan permukiman warga. Tak satupun lahan kosong, lokasi strategis dan persimpangan yang terlewat pajangan foto para calon. Ironisnya masih ditemukan APK yang melanggar ketentuan memasang di pohon.

Menurut Pengamat Politik Banua, Sutarto dari Lembaga Perekayasaan Politik dan Pemerintahan untuk Peradaban Mulia (LP4M) Banjarmasin, seiring waktu belakangan ini mulai muncul penampakkan wajah-wajah narsis yang selama ini tak dikenal masyarakat. Mereka adalah para caleg peserta pemilu 2019. Tetapi Sutarto mengakui fenomena ini hal yang wajar karena sudah memasuki masa kampanye. Sayangnya pemandangan ini justru dinilainya merusak keindahan lingkungan dan tatanan kota karena pemasangan tidak teratur dan terkesan asal-asalan serta tidak seragam. Suasana semula rapi dan sejuk menjadi semrawut. Lebih dari itu, kekhawatirannya muncul ditengah musim cuaca ekstrem saat ini, material APK berpotensi mengancam keselamatan jiwa masyarakat yang melintas karena banyak yang tidak kuat atas terpaan angin kencang.

Ia berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kalsel segera memantau dan melakukan penertiban.

“Penyelenggara Pemilu harusnya menyediakan tempat yang lebih refresentatif dan kolektif bagi semua peserta pemilu,” sarannya.

Lebih lanjut, Sutarto menambahkan, wajar jika peserta pemilu berebut memajang atribut bertumpuk di lokasi strategis dan ramai dilintasi karena nilai marketingnya tinggi dan bagian strategi tim. Namun Ia menyebutkan bukan jaminan caleg memiliki massa jika APK yang dipasang di suatu titik lebih banyak dari calon lainnya.

“Hal itu hanya menunjukkan yang bersangkutan lebih mapan secara finansial,” pungkasnya. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.