20 Juni 2021

Demi Mudahkan Wajib Pajak, Samsat Berinovasi Dengan Kedai Bergerak

2 min read

Asisten 1 Bidang pemerintahan pemprov Kalsel (sasirangan) didampingi Kepala Bakeuda Kalsel (baju biru) saat memberikan keterangan kepada wartawan pada Sabtu malam (5/01)

BANJARMASIN –  Mempermudah pelayanan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, khususnya usai jam kerja dan malam hari, Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Samsat 1 Banjarmasin menghadirkan Kedai Samsat Bergerak (KSB).

Inovasi dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalsel melalui UPPD Samsat, baik melalui layanan mobil samsat keliling, samsat corner, drive thru dan layanan melalui kafe dan kedai Samsat ini, selaras dengan keinginan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang terus mendorong agar seluruh instansi pelayanan publik menghadirkan pelayanan dekat dengan rakyat.

KSB yang terletak di kawasan kantor UPPD Samsat Banjarmasin 1, jalan A.Yani kilometer 5,8 dibuka mulai sore pukul 16.00 hingga 21.00 WITA Senin sampai Sabtu.

“Ini salah satu inovasi dari kami pihak UPPD Samsat 1 Banjarmasin untuk memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat,” ujar  Anni Hanisyah kepala UPPD Samsat Banjarmasin 1, usai pembukaan KSB, Sabtu (5/1) malam.

Sesuai namanya, perempuan yang akrab disapa Nisa itu mengatakan, kedai terdiri dari beberapa stand makanan dan minuman tradisional. Sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat nya menunggu proses antre input data pembayaran pajak kendaraan bermotornya.

“Kedai ini diisi berbagai macam kuliner, baik tradisional hingga kudapan lainnya. Intinya untuk membuat nyaman masyarakat,” tegas Nisa.

Sementara itu, gubernur yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan  Siswansyah, yang membuka secara resmi pelayanan Kedai Samsat Bergerak (KSB), mengapresiasi inovasi yang dilakukan pihak UPPD Samsat Banjarmasin 1 ini.

“Kami dari pihak Pemprov Kalsel sangat mengapresiasi hadirnya kedai ini. Karena diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya,” ujarnya.

Terlebih lagi sesuai moto Gubernur H Sahbirin Noor, yang selalu menggaungkan kalimat Bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat), diharapkan kedai semacam ini dapat diikuti jajaran UPPD Samsat lainnya yang ada di Kalsel.

“Intinya guna meningkatkan pendapatan pajak daerah, diharapkan adanya inovasi-inovasi yang selalu hadir dekat dengan masyarakat dan tidak merepotkan masyarakat,” imbuh Siswansyah.

Di sisi lain, menurut Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalsel, Aminuddin Latif, pelayanan inovasi dalam pembayaran pajak kendaraan terus akan dilakukan dan dihadirkan di seluruh wilayah di Kalsel.

“Sebelumnya ada Cafe Samsat di UPPD Samsat Banjarbaru, kemudian saat ini Kedai Samsat Bergerak,” katanya.

Inovasi ini, lanjut Aminuddin, sesuai keinginan Gubernur H Sahbirin Noor supaya dekat dengan masyarakat dalam meningkatkan pajak daerah, sehingga berguna untuk kesejahteraan masyarakat juga. (HUMPROVKALSEL/RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.