3 Maret 2021

Awal Tahun, Tiga Produk Hukum Resmi Diajukan

2 min read

Anggota Bapemperda Dewan Kota Banjarmasin Ikhsan Wardhani saat menyampaikan tiga produk hukum di saat rapat paripurna pada Jumat (4/01/2019).

BANJARMASIN – Mengawali kinerja, para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarmasin di Tahun 2019 ini, dengan cara menggunakan haknya untuk mengusulkan pembuatan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) maupun Revisi Peraturan Daerah (Perda) untuk dibahas bersama Pemerintah Kota.

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) telah resmi mengajukan satu Raperda tentang Kemetrologian dan dua Revisi Perda yang diusulkan yakni, pertama perubahan atas Perda Kota Banjarmasin Nomor l7 Tahun 2012 Tentang Retribusi Izin Tempat Berjualan Minuman Bcralkohol dan kedua Perubahan Perda Nomor 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan.

Anggota Bapemperda Dewan Kota Banjarmasin Ikhsan Wardhani dalam sambutannya pada rapat paripurna Jumat (4/1) menyampaikan, dua Revisi Perda, dan pembentukan satu raperda, yang diusulkan ini dinilai penting untuk dilakukan pembahasan karena menyesuaikan perkembangan zaman serta kondisi masyarakat. Dengan alasan perlunya revisi retribusi pelayanan kesehatan agar nanti bisa mengakomodir standar biaya yang dibebankan ke masyarakat untuk melakukan berbagai layanan kesehatan di Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah, tanpa harus membebani masyarakat di Kota ini.

Untuk Pembahasan Perda revisi tentang Retribusi lzin Tempat Berjualan Minuman Beralkohol dimaksudkan mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun memberikan kepastian hukum terkait standar retribusi yang wajib dibayarkan pelaku usaha yang aktivitas usahanya menyediakan minuman beralkohol.

Selanjutnya Raperda Kemetrologian ditujukan sebagai payung hukum membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi untuk mengatur penggunaan alat ukur, takaran, dan timbangan hingga  yang biasa disebut UTTP.

“Kehadiran satu raperda dan dua revisi perda Ini,  akan terselenggara pelayanan publik yang Iebih baik lagi di Kota Banjarmasin,” katanya.

Ikhsan berharap, pembentukan produk hukum ini  akan semakin menambah semangat kerja bersama Pemerintah Kota, untuk bersama sama mewujudkan visi misi Walikota Ibnu sina dan Wakilnya Hermansyah yaitu Baiman (Barasih wan nyaman). (NHF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.