4 Maret 2021

Berada di Lapas Kreativitas Tetap Jalan

1 min read

Kepala Lapas perempuan kelas IIA Martapura, Yunengsih.

BANJAR – Lembaga permasyarakatan selalu identik dengan hukuman dan kurungan. Namun hal yang berbeda seperti nya akan didapati saat anda berkunjung ke lapas perempuan kelas IIA Martapura, Kabupaten Banjar.

Kesan Kemandirian dan kreativitas begitu terasa. Bahkan mulai pintu masuk, anda akan disambut dengan etalase karya warga binaan berupa kerajinan dari sasirangan hingga dari bahan daur ulang.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Yunengsih, kepada Abdi Persada FM menyampaikan kreativitas warga binaan, tidak pernah pihaknya batasi.

“Memang di lapas perempuan ini kita memberikan untuk warga binaan yang merupakan perempuan ini, ruang untuk mengekspresikan diri dan berkreativitas, tentu di barengi dengan pembinaan dari lapas sendiri,” terang Yunengsih.

Pembinaan ini tambah Yunengsih, yaitu pembinaan kepada warga binaan yang berjumlah lebih dari 380 orang ini berupa pembinaan Kemandirian dan kepribadian yang di berikan setiap hari sehingga penghuni lapas ini bisa kreatif dan mandiri.

“Mereka diajarkan pembuatan souvenir dari sasirangan seperti tas tangan, kaos, dan lainnya yang bekerjasama dengan salah satu pengusaha sasirangan di kabupaten Banjar,” ujarnya.

Diakuinya, karya warga binaan kerajinan sasirangan ini sudah menyebar di pasaran, bahkan yang lebih membanggakan lagi, lanjut Yunengsih, yaitu produksi amplang yang sudah di pasarkan melalui online ke seluruh Indonesia.

“Kami sempat kewalahan memenuhi permintaan amplang ini, karena kami jaga kualitas bahan,” terangnya. (ASC/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.