8 Maret 2021

Gubernur Kalsel Apresiasi Para Relawan PMI Banua

2 min read

(ki-ka) Wakil Ketua Pembinaan Tim Relawan PMI Kalsel M. Yani Helmi, Ketua PMI Kalsel Gusti Iskandar Sukma Alamsyah dan Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhaimin.

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor memberikan apresiasi kepada para relawan Palang Merah Indonesia (PMI) di Kalsel. Mengingat para relawan berada di garda terdepan membantu penanggulangan bencana tanpa kenal pamrih. Apresiasi itu disampaikan Gubernur yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdaprov Kalsel, Heriansyah dalam kegiatan Peringatan Hari Relawan PMI dan Pemberian Penghargaan kepada Donor Darah Sukarela (DDS) di Banjarmasin, Sabtu (29/12). Menurutnya, diperingatinya Hari Relawan yang jatuh pada 26 Desember lalu tidak lepas dari aksi besar para relawan yang menangani bencana alam Tsunami Aceh pada 14 tahun yang lalu. Dalam bencana tsunami itu, masyarakat melihat peran relawan yang datang dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri membantu penanganan bencana tersebut. Dari berbagai bencana yang dialami di negeri maupun di Banua tercinta, para relawan sigap dan siap siaga untuk turun langsung membantu penanganan korban maupun pemulihan pasca bencana.
“Kami memberikan apresiasi setingi-tinginya kepada para relawan Banua dengan segala kemampuan yang dimilikinya turut serta ikut membantu warga yang terkena bencana, baik turun secara langsung maupun menggerakkan masyarakat dalam penggalangan bantuan,” katanya.

Sementara Ketua PMI Kalsel, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah menyatakan terima kasih atas segala bantuan dari relawan yang selalu aktif tanpa pamrih dan tak kenal lelah. Dengan peringatan Hari Relawan diharapkan akan lebih memotivasi relawan PMI Kalsel dalam bakti sosial terhadap kemanusiaan.
“Bagi pendonor sampai 100 kali berpeluang mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia atau berhadapan langsung dengan kepala negara untuk menerima penghargaan tersebut,” katanya.
Para DDS yang menerima perhargaan dari PMI tersebut sebanyak 55 orang dengan melakukan donor 75 kali, selain itu terdapat pendonor 99 dan 100 kali masing-masing atas nama Syaifudin serta Abas Pulah.
Sedangkan Wakil Ketua Pembinaan Tim Relawan PMI Kalsel, Muhammad Yani Helmi menegaskan PMI senantiasa melakukan pembinaan terhadap para relawannya guna meningkatkan kualitas mereka dalam rangka penyelamatan kemanusiaan. Pembinaan terhadap relawan dilakukan secara rutin setiap tahun karena mereka adalah ujung tombak PMI dalam memberikan pelayanan dan bantuan maksimal kepada masyarakat. Lebih lanjut, Tokoh Muda Banua tersebut mengungkapkan hingga saat ini jumlah relawan di kalsel sekitar 2.700 orang.
“PMI kalsel juga terus mengupadate database relawan dan terus melakukan pembinaan dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan kapasitas relawannya,” pungkasnya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.