BanjarmasinNews

Raperda Penyelenggaraan Kesehatan Segera Disahkan

BANJARMASIN – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Kalsel sudah memasuki tahapan finalisasi. Rencananya akan segera disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Khusus Raperda Penyelenggaraan Kesehatan di Kalsel, Hariyanto kepada wartawan, usai rapat finalisasi raperda tersebut di ruang Komisi IV DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (27/12). Menurutnya dalam rapat finalisasi tersebut, pansus membahas beberapa hal yang penting diantaranya terkait dengan jaminan kesehatan yang harus terintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sudah diakomodir dalam Raperda  Penyelenggaraan Kesehatan di Kalsel. Hanya saja, menurut Hariyanto, dalam raperda tersebut juga memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah memiliki program penunjang untuk membiayai kasus-kasus layanan kesehatan khusus yang tidak masuk dalam program JKN.

“Dengan disahkannya nantinya diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan oleh pemerintah pusat maupun daerah,” katanya.

Lebih lanjut, Hariyanto menambahkan setelah finalisasi ini, pihaknya akan segera menjadwalkan pengesahan raperda tersebut menjadi Perda melalui Badan Musyawarah DPRD Kalsel.

Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan tersebut merupakan inisiatif DPRD Kalsel atas usul Komisi IV yang juga membidangi kesehatan. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat, pemerintah provinsi Kalsel kini menyediakan empat rumah sakit yaitu RSUD Ulin Banjarmasin, RSUD Mochammad Ansari Saleh Banjarmasin, Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum di Jalan Syarkawi Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Banjarmasin. (NRH/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat