12 April 2021

Raperda Administrasi Kependudukan Kini Jadi Perda

1 min read

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor ketika diwancarai sejumlah awak media usai rapat paripurna dewan di Banjarmasin, Rabu (26/12).

BANJARMASIN – DPRD Kalimantan Selatan mensahkan Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kalsel menjadi Perda dalam Rapat Paripurna Dewan di Banjarmasin, Rabu (26/12).

Dalam pendapat akhirnya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan dengan ditetapkannya Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan menjadi Perda maka Administrasi Kependudukan telah mempunyai landasan hukum yang kuat dan sebagai pedoman untuk dijadikan sebagai acuan di daerah. Akan tetapi, menurutnya regulasi ini tidak akan bermanfaat dan berguna apabila tidak diimplementasikan oleh pemerintah daerah dalam konteks administrasi kependudukan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

“Dengan ditetapkannya Perda ini akan semakin menguatkan pemerintah daerah dalam melaksanakan evaluasi, koordinasi, sinkronisasi dan konsolidasi penyelenggaraan administrasi kependudukan sehingga menyatukan pandangan dan kesatuan gerak serta langkah pihak-pihak terkait dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil,” harapnya.

Lebih lanjut, Sahbirin menambahkan penyebarluasan informasi dan pemahaman tentang persyaratan dan mekanisme pengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, sikronisasi persyaratan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan instansi terkait merupakan hal-hal yang amat diperlukan sehingga dapat mengurangi permasalahan yang timbul dalam penyelesaian proses administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.