21 Juni 2021

Libur Panjang Masyarakat Memilih Berwisata Religi

1 min read

Meski hujan, penziarah makam ulama besar Guru Sekumpul Martapura tetap ramai (24/12/2018).

BANJAR – Libur Natal dan Tahun Baru  dijadikan sebagian masyarakat Kalimantan Selatan, momen mengasyikkan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Melalui pantauan Abdi Persada FM, untuk memanfaatkan hari libur ini banyak masyarakat sekitar daerah Martapura bahkan dari luar kota pun memilih berziarah ke makam ulama besar KH. Zaini Abdul Ghani atau yang sering disapa Guru Sekumpul.

Pada Senin pagi (24/12) meski cuaca hujan, makam ulama besar yang terletak di kawasan Sekumpul Martapura ini, ramai dikunjungi peziarah. Ada dari Banjarmasin bahkan ada pula peziarah yang berasal dari Kalimantan Tengah.

Kepada Abdi Persada FM, H.Taufik salah satu penjaga makam Guru Sekumpul mengatakan bila hari libur para peziarah lebih banyak jumlahnya dibandingkan hari biasa, “meskipun musim hujan, kalau hari libur banyak yang datang, dan hujan tidak menyurutkan tekad para peziarah untuk berziarah ke makam Abah Guru ini,” ujarnya.

Lebih lanjut H.Taufik menuturkan bila liburan panjang  para peziarah lebih banyak yang berasal dari luar daerah, seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur ada pula peziarah yang berasal dari Jawa untuk menunaikan Hajat mereka.

Sementara itu, salah satu peziarah dari luar kota pun, Ismadi menuturkan dirinya  memilih membawa keluarganya untuk berziarah ke makam-makam ulama besar dari pada mengunjungi tempat-tempat wisata seperti pantai.

“Mumpung saya belum meninggal, saya ingin mengenalkan kepada anak-anak saya yang masih kecil, tempat-tempat para ulama-ulama besar dimakamkan,” ujar Ismadi.

Seperti diketahui, tidak ada biaya masuk maupun parkir untuk mengunjungi makam ulama guru besar t Sekumpul tersebut, para masyarakat disekitar Perkomplekan Sekumpul pun, banyak menyediakan air gratis untuk para peziarah yang berkunjung. (TR02/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.