23 Juni 2021

Banjar Gelar Pelatihan Menjahit

2 min read

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah (baju pink) berfoto bersama dengan peserta pelatihan.

BANJAR – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Banjar menggelar pelatihan menjahit tahun 2018 sebagai upaya peningkatan sumber daya para ibu-ibu di kabupaten ini.

Pelatihan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah, Rabu (19/12) di Kantor Dekranasda Kabupaten Banjar Martapura. Usai acara dibuka Kepada Abdi Persada Fm, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah mengatakan sangat mengapresiasi di gelarnya kegiatan pelatihan ini, dirinya pun bersyukur karena sudah yang ke tiga kalinya di gelar di Kabupaten Banjar.
“Pelatihan ini nantinya sangat berguna untuk bisa mandiri dan membantu meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Raudhatul.

Sementara itu Kepala bidang ILMEASA (industri logam, mesin, elektronika, alat angkut, sandang dan aneka) Linda Yunianti mengatakan untuk peserta berasal dari Kecamatan Martapura Kota, Martapura Timur, Kertak Hanyar dan Sungai Tabuk. Lebih lanjut Linda mengatakan pelatihan ini di ikuti sebanyak 20 peserta secara gratis dari tanggal 19 – 23 Desember 2018.
“Kegiatan pelatihan ini untuk meningkatkan memberikan pengetahuan, keterampilan dan menambah wawasan kepada calon peserta industri dan kecil menengah (IKM) khususnya menjahit,” kata Linda.

Dari pelatihan ini salah satu Instruktur pelatihan menjahit dari Dekranasda Martapura Kota Rusmiyati berharap materi yang di sampaikan baik teori maupun praktek bisa di serap dengan baik oleh para peserta pelatihan, menurut Rusmiyati latihan dasar tersebut diantaranya, cara membuat pola busana, cara mengukur, cara memotong kain, dan juga cara menjahitnya.
” Dari beberapa pelatihan seperti tahun-tahun sebelumnya para ibu-ibu yang ikut pelatihan menjahit ini cepat saja untuk menyerapnya dan tidak ada terkendala, hanya saja waktu pelatihannya terbatas,” ujar Rusmiyati

Sementara itu, salah satu peserta Pelatihan dari Kecamatan Kertak Hanyar Siti Masrifah merasa senang dapat ikut serta dalam pelatihan ini, disamping hoby menurutnya pelatihan menjahit ini juga nantinya dapat membuka peluang usaha untuk membantu pendapatan ekonomi keluarganya. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.