12 April 2021

Sidak, Satgas Pangan Kalsel Pastikan Harga Stabil

2 min read

Gubernur Kalsel saat melakukan sidak ke los pedagang beras di pasar Sentra Antasari Banjarmasin pada Kamis (13/12/18).

BANJARMASIN – Jarum jam menunjukkan pukul 07.15 WITA, saat sebuah mobil hitam dengan pengawalan polisi tiba di halaman depan pasar Sentra Antasari Banjarmasin. Sejumlah pedagang yang mendapat kabar soal kedatangan orang nomor satu di Kalimantan Selatan pagi itu, menduga-duga bahwa orang di dalam mobil itu adalah Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel Sahbirin Noor). Dan benar saja, tidak lama kemudian Paman Birin keluar dari mobil, dan langsung menuju areal los daging di pasar Sentra Antasari. Namun sebelumnya, Paman Birin menemui ketua Tim Satgas Polda Kalsel sekaligus Kapolda Kalsel Yazid Fanani, yang tiba lebih dulu bersama sejumlah pejabat. Kedatangan dua orang penting di Banua tersebut bukan tanpa sebab. Mereka ingin memastikan kondisi harga dan stok bahan kebutuhan pokok, jelang perayaan hari besar keagamaan dan tahun baru.

Usai meninjau sejumlah los di pasar Sentra Antasari, kepada wartawan Paman Birin mengatakan, bahwa kondisi harga bahan kebutuhan pokok di pasar Sentra Antasari stabil.

“Dari pedagang daging sapi sampai pedagang telur yang saya datangi tadi, semuanya mengatakan harga stabil, dan tidak ada lonjakan yang berarti. Kenaikan hanya terjadi pada harga telur ayam, namun tidak terlalu besar,” ujarnya.

Selain itu menurut gubernur, stok barang pun dipastikan aman hingga awal tahun 2019 mendatang.

“Bahkan untuk stok beras cukup untuk 5 sampai 6 bulan ke depan. Stok ini tersimpan di gudang milik Bulog Divre,’ jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Satgas Polda Kalsel Yazid Fanani juga memastikan, bahwa tidak ada pedagang besar atau distributor yang melakukan penumpukan barang secara berlebihan. Karena tindakan itu akan sangat merugikan masyarakat, dan berdampak pada ketidakstabilan harga.

“Sejauh ini belum ada penindakan yang kami lakukan. Namun jika ada pedagang atau distributor yang nakal, maka kami tidak segan melakukan tindakan,” tegasnya.

Selain gubernur dan Kapolda Kalsel, sidak ke pasar Sentra Antasari Banjarmasin ini, juga diikuti sejumlah pejabat terkait. Diantaranya Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Muhammad Irwan, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Kalsel Hermansyah Manap, dan Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani.

Setelah sidak ke pasar Sentra Antasari, rombongan juga mengunjungi pasar Kertak Hanyar di kabupaten Banjar, serta gudang Bulog di kawasan Landasan Ulin Banjarbaru. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.