3 Maret 2021

Banjar Kini Miliki Bumdesmart

2 min read

Saat Bupati Banjar Khalillurahman meresmikan Bumdesmart dengan di tandai pemotongan pita.

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) telah meresmikan Rumah Pajang Bumdesmart 8 Bersaudara, Kamis (13/12) yang berlokasi  di Jalan Taruna Praja RT 1  Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar Aspihani mengatakan  Rumah Pajang Bumdesmart 8 Bersaudara ini tergabung dari Bumdes di dua Kecamatan yang meliput Kecamatan Martapura dengan 4 desa yakni Desa Sungai Sipai, Tungkaran, Cindai Alus, Pasayangan Barat. Sedangkan 4 desa lagi dari Kecamatan Martapura Barat yakni Desa Penggalaman, Sungai Batang, Sungai Batang Ilir, serta Sungai Rangas Hambuku, yang tergabung dalam penjualan produk lokal unggulan. Ini diharapkan dapat mengembangkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Kabupaten Banjar.

“Ini merupakan perpaduan pembangunan antar desa dalam satu kabupaten sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu diharapkan pula dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan meningkatkan kualitas hidup melalui pemenuhan kebutuhan dasar pembangunan serana dan prasarana, pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan.

Di tempat yang sama, usai meresmikan Bumdesmart 8 Bersaudar Rumah Pajang Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, sesuai dengan perundang-undangan nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dan peraturan Kementerian Desa DPT & Transmigrasi nomor 5 tahun 2016 tentang pembangunan kawasan perdesaan, diharapkan dapat terus berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat. dirinya pun bersyukur atas terbentuknya Bumdesmart ini,

Selain itu Bupati Banjar Khalillurahman juga meminta kepada pengelola Bumdesmart ini untuk barang-barang yang di jual di utamakan adalah hasil produksi masyarakat setempat,

“kalau bisa barang yang di jual produk lokal sehingga akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Banjar menambahkan dengan dibukanya Bumdesmart ini, diharapkan akan menjadi salah satu langkah awal untuk tumbuh kembangnya kembali bumdesmart di beberapa desa di Kabupaten Banjar.

“Mudah-mudahan, ini bisa bekembang dan mungkin nanti  tidak hanya di delapan desa. Kendati ada lagi Bumdes yang tergabung dari beberapa desa di desa lainya, dan karena yang diprioritaskan menjual produk-produk lokal, harapannya ditahun yang akan datang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.