30 Juli 2021

Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian, Banjar Tak Lupakan Hama Tikus

2 min read

Bupati Banjar Khalilurrahman saksikan hasil pengendalian hama tikus.

BANJAR – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, melakukan pencanangan semai perdana, pengendalian hama tikus dan pengukuhan kelas kelompok tani se-Kecamatan Martapura Timur pada Selasa (11/12) Siang.

Pencanangan dilakukan langsung oleh Bupati Banjar Khalillurahman bersama  beberapa stake holder. Bupati Banjar dalam sambutannya menyampaikan, dirinya menyambut gembira  telah dimulainya semai perdana dimmusim hujan tahun 2018/2019, serta dirinya mendukung penuh terhadap gerakan pengendalian hama tikus dan sekaligus pengukuhan kelompok tani di desa tambak hanyar Kecamatan Martapura Timur ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan produksi hasil pertanian di Kabupaten Banjar, sehingga dapat mempertahankan sebagai lumbung padi di Kalimantan Selatan dengan sebutan kindai limpuar,” ucap Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar Muhammad Fakhri kepada Abdi Persada Fm mengungkapkan Pencanangan semai padi yang dilaksanakan di semua Kecamatan di Kabupaten Banjar, tak lain untuk memotivasi para petani yang selama ini hanya tanam satu kali padi lokal saja, dapat menambah tanamnya dengan padi unggul.

“Disamping para petani menanam padi lokal , para petani juga akan menanam padi unggul, sehingga dalam setahun bisa tanam 2 kali, dengan melakukan cara intensifikasi seperti ini produktifitas hasil pertanian akan naik dan ini tentunya akan menunjang perekonomian para petani,” jelas Fakhri sembari menyampaikan pihaknya juga memberikan bantuan benih padi unggul kepada para kelompok tani ini.

Lebih lanjut Fakhri menambahkan Walaupun harga gabah murah, namun dengan meningkatnya produktivitas hasil pertanian, tentunya secara tidak langsung penghasilan para petani akan meningkat. Namun yang menjadi salah satu kendala utama dalam peningkatan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Banjar adalah hama tikus.

Menurut Fakhri kendala yang di sebabkan hama tikus ini tidak hanya dirasa oleh petani di Kabupaten Banjar saja, namun juga para petani di daerah lain di Kalimantan Selatan.

Dengan gerakan pengendalian hama tikus di semua Kecamatan di Kabupaten ini pada saat sebelum tanam, Fakhri berharap paling tidak dapat mengurangi populasi hama tikus, sehingga pada saat padi mulai membunting, populasi hama tikus juga berkurang.

“Ada beberapa cara yang dilakukan dalam mengurangi populasi hama tikus, diantaranya dengan cara keroyokan, pengumpanan dengan racun tikus, pengemposan dan juga mercon melalui pengasapan dengan belerang karena sepasang hama tikus bisa berkembang biak populasinya dalam setahun bisa mencapai 1000 – 1500 ekor,” jelas Fakhri.

Untuk di ketahui pada acara ini pula Bupati Banjar Khalillurahman telah mengukuhkan sebanyak 99 orang kelompok tani Se-Kecamatan Martapura Timur. Pada Kegiatan ini di hadiri pula oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah, Perwakilan TPH Provinsi Kalsel,  Dandim 1006 Martapura Muhammad Goffar Ngismangil, jajaran Polsek Martapura Timur, Koramil, Kepala Desa Tambak Anyar dan Kelompok Tani Se-Kecamatan Martapura Timur. (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?