21 Juni 2021

Ilung Serang Sungai Martapura di Banjarmasin

1 min read

Kabid Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin Thony memantau langsung keberadaan sampah organik eceng gondok yang memenuhi bawah Jembatan Antasari.

BANJARMASIN – Sejak dua hari terakhir ini, Sungai Martapura di Kota Banjarmasin dipenuhi sampah organik eceng gondok (ilung). Tentunya, keberadaan sampah organik ini membuat keadaan Sungai Martapura menjadi kurang sedap di pandang.

“Kami telah melemburkan kapal sapu-sapu untuk membersihkan keberadaan eceng gondok tersebut dari Sungai Martapura,” ujar Kabid Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin Thony, kepada sejumlah wartawan, Senin (10/12).

Thony mengatakan, banyaknya tumpukan sampah organik eceng gondok tersebut berada dikawasan Sungai Martapura tepatnya dibawah Jembatan Antasari serta Jembatan Pasar Lama, terus dibersihkan oleh kapal sapu-sapu.

Menurut Thoni, pihaknya saat ini hanya bisa membuka jalur agar kapal, serta perahu bisa melintasi kawasan tersebut. Sedangkan, untuk melakukan pengangkutan tidak bisa dilakukan sekaligus mengingat banyaknya sampah enceng gondok tersebut.

“Kami sudah menurunkan kapal sapu-sapu untuk mengatasi tumpukan sampah organik eceng gondok, namun karena volume sampah yanh banyak. Maka kami membutuhkan waktu untuk membuang eceng gondok tersebut ke Sungai Gampa,” tutur Thony lebih lanjut.

Menurut Thony, untuk membuang eceng gondok tersebut pihaknya memerlukan waktu 3 – 4 jam ke Sungai Gampa.

“Karena jauh memerlukan waktu, maka kami memerlukan bantuan Dinas Perhubungan untuk melancarkan jalur transportasi air agar tidak tertutup,” ucap Thony. (SRI/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.