23 Juni 2021

Ayam Potong di Gambut Naik

2 min read

Pedagang telur di Pasar Kindai Limpuar, Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

BANJAR – Harga komoditi kebutuhan pokok di pasar tradisional menjelang Natal dan Tahun Baru saat ini berfluktuasi, seperti halnya yang di alami pedagang di pasar Kindai Limpuar Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Harga Kebutuhan Pokok ini berdasarkan pantauan Abdi Persada FM, Senin (10/12) siang.

Seperti komoditi telur. Salah seorang pedagang t3lur Abdurrahman mengatakan untuk harga telur ayam saat ini sudah berada pada angka 26 ribu rupiah perkilonya yang tadinya pada minggu lalu, hanya 25 ribu rupiah saja perkilonya, sedangkan untuk telur itik tidak mengalami perubahan, yakni berada pada angka dua ribu empat ratus rupiah perbijinya. Menurut Abdurrahman harga tersebut masih terbilang normal.

“Harga telur ini biasanya seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya bertahan hingga pertengahan bulan Januari  mendatang, apalagi bertepatan dengan bulan maulid, disambung lagi perayaan natal dan tahun baru,” ujarnya.

Sementara itu Khairul Salim pedagang bahan pokok lainnya, mengatakan untuk harga bawang merah saat ini terjadi kenaikan, yang tadinya 20 ribu rupiah menjadi 25 ribu rupiah perkilonya, sedang bawang putih tidak ada kenaikan, masih berada pada harga 17 ribu rupiah perkilonya,  seperti halnya juga gula pasir, harga di pasaran masih stabil, yakni 11 ribu rupiah perkilonya.

Menurut Khairul Salim walaupun menjelang natal dan tahun baru stok tetap tersedia. Namun beliau tetap berharap stok tidak kosong hingga akhir tahun mendatang.

“Kalau saat ini stok masih tersedia saja, lancar-lancar saja dari distributor, mudah-mudahan sampai tahun baru nanti,” ujarnya.

Masih di pasar yang sama, Fatmawati  salah seorang pedagang ayam mengatakan, untuk ayam potong dua minggu yang lalu, yang tadinya 20 ribu rupiah perkilonya, saat ini sudah mencapai 25 ribu rupiah perkilonya. Itu artinya sudah terjadi kenaikan pada komoditi ini. Namun untuk daya beli masyarakat seperti biasa tidak ada penurunan maupun kenaikan yang signifikan.

“Kenaikan harga ayam ini sebenarnya tidak sekaligus, dalam dua minggu terakhir ini kenaikannya bertahap mulai dari 1000, 3000  hingga naik 5000. Jadi yang tadinya 20 ribu perkilo saat ini menjadi 25 ribu perkilonya,” ujarnya.

Walaupun tidak ada kenaikan yang signifikan dari harga-harga tersebut, para pedagang pasar Kindai Limpuar Gambut Kabupaten Banjar berharap harga tetap normal dan stok tetap tersedia menjelang natal dan tahun baru nanti. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.