BanjarNews

Usaha Kreatif, Tingkatkan Pendapatan Keluarga

BANJAR – TP PKK Kecamatan Martapura Barat mengadakan kegiatan upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (P2K) kepada masyarakat yang ada Kecamatan ini. Kegiatan tersebut bertempat di kantor Kecamatan Martapura Barat Desa Sungai Rangas Tengah.

Ditemui Abdi Persada FM, Selasa (4/12) siang, Kepala Seksi Pembedayaan Masyarakat Kecamatan Martapura Barat, Hana Budi  mengungkapkan pihaknya telah melakukan pembinaan usaha kreatif kepada para masyarakat desa yang ada di kecamatannya, dan desa yang sudah produktif dengan usaha kreatif ini diantaranya adalah Desa Penggalaman, Sungai Batang, Sungai Batang Ilir, Keliling Benteng Ulu, Hambuku, Sungai Rangas Ulu, dan Desa Antasan Sutun.

Adapun produksi yang dihasilkan dari kelompok usaha kreatif para ibu-ibu di desa-desa yang ada di Kecamatan ini,  diantaranya adalah produk kuliner seperti, kacang putih siap saji, makroni aneka rasa, ikan kering sapat rabuk aneka rasa, kue bawang, ikan kering goreng aneka rasa, kerupuk ikan, kerupuk beras dan makanan dari ketan. Menurut Hana produk-produk ini siap untuk di pasarkan.

Hana juga menyampaikan tidak hanya produk kuliner saja,  namun ada juga produk yang berasal dari kretifitas para remaja yang tergabung dalam kelompok TP PKK, yakni  pembuatan barang dari bahan  bekas yang diolah menjadi pakaian atau atribut,  seperti misalnya bahan plastik bekas yang dijadikan untuk atribut para chear leader, dan menurut Hana Kegiatan ini dilakukan dengan berbagai pelatihan.

“Untuk pemasarannya hanya masih seputar kota Martapura, yakni hanya pada kios-kios dan toko-toko setempat dengan cara menitip, kegiatan ini tak lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkap Hana.

Hana berharap kedepannya produk-produk hasil olahan masyarakat dibawah binaan TP PKK Kabupaten ini, bisa merambah pasar-pasar modern seperti swalayan dan supermaraket bahkan bisa merambah ke luar daerah. Tentu dengan dukungan pemerintah daerah melalui Dinas perdagangan ataupun melalui Dinas Pariwisata serta dinas terkait lainnya. (AF/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat