BanjarmasinNews

Banjarmasin Dapat Bantuan Untuk Kotaku Tanpa Kumuh

Kecamatan Banjarmasin Selatan terbanyak kawasan kumuh

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin sejak tahun 2015 lalu saat ini, terus melakukan pengurangan kawasan kumuh. Salah satu program yang dilaksanakan, yaitu, Kotaku Tanpa Kumuh. Dengan program ini, Pemerintah Kota Banjarmasin mendapatkan bantuan sebesar 34,6 miliar rupiah dari pemerintah pusat.

Hal ini dikatakan Satker Pembangunan Infrastruktur Pemukiman sekaligus Kabid Kawasan Permukiman Dinas Perkim Kota Banjarmasin Lisda Maimanah, kepada sejumlah wartawan, Selasa (4/12).

“Pada program Kotaku Tanpa Kumuh di Kota Banjarmasin ditahun 2018 ini, kami menerima bantuan sebesar 34,6 miliar rupiah,” ujar Lisda.

Dana tersebut, lanjut Lisda, untuk dilaksanakan pada 36 kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin. Sedangkan, besaran bantuan masing-masing kelurahan tidak sama.

“Bantuan yang diterima setiap kelurahan berbeda satu dengan yang lainnya, tergantung dari luasan kawasan kumuh yang diselesaikan oleh masing-masing kelurahan,” ucap Lisda.

Lisda mengatakan, bantuan yang diberikan pada tahun ini lebih besar jika dibandingkan tahun 2017 lalu, yang hanya dibantu untuk 15 kelurahan saja.

Dalam kesempatan tersebut, Lisda juga menyampaikan, saat ini kawasan kumuh di Kota Banjarmasin tersisa 154,5 hektar, dari sebelumnya 549,7 hektar.

“Dari kawasan kumuh yang tersisa tersebut, terbanyak masih berada dikawasan Kecamatan Banjarmasin Selatan,” ujar Lisda.

Untuk penanganan kawasan kumuh di Kecamatan Banjarmasin Selatan ini, pihaknya mengadakan evaluasi dan pada akhir tahun ini akan ketahui secara pasti berapa jumlah kawasan kumuh yang ada di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Dalam penanganan kawasan kumuh di Kota Banjarmasin ini, diperlukan kerjasama antara Dinas PUPR, Dinas Perkim, serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin,” pungkas Lisda. (SRI/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat