20 Juni 2021

Banjarmasin : Jentik Nyamuk Tambah Pintar ??

2 min read

Dr Dwi Atmi saat memberikan keterangan kasus DBD dan DD di Kota Banjarmasin.

BANJARMASIN – Nyamuk Demam Berdarah saat ini semakin pintar untuk menempatkan jentik-jentik miliknya. Bahkan, saat ini penampungan air pada race cooker di rumah warga.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dr Dwi Atmi Susilastuti, kepada sejumlah wartawan, Kamis (29/11).

“Untuk Kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kota Banjarmasin tercatat sejak Januari 2018 hingga saat ini mencapai 32 kasus. Sedangkan, untuk kasus Demam Dengue (DD) tercatat sebanyak 432 kasus,” tutur Dr Dwi Atmi.

Dr Dwi Atmi mengatakan, penderita DBD dan DD di Kota Banjarmasin semuanya sembuh, tidak ada yang meninggal dunia.

“Alhamdulillah semua dapat tertolong,” ucap Dr Dwi Atmi.

Menurut Dr Dwi Atmi, tingginya kasus DD dan DBD di Kota Banjarmasin ini, terjadi pada saat musim hujan terjadi.

“Ketika mulai memasuki musim hujan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melakukan kewaspadaan demam berdarah pada semua puskesmas,” ucap Dr Dwi Atmi.

Saat ini, lanjut Dr Dwi Atmi, semua puskesmas di Kota Banjarmasin bisa memeriksakan DBD,  tes samplit dan labirat,  tanda demam berdarah untuk deteksi dini.

“Warga diminta apabila ada anggota keluarganya yang mengalami panas tinggi maka secepatnya dibawa ke puskesmas, jangan menunggu sampai dua hari,” ujar Dr Dwi Atmi.

Selain pihaknya juga melakukan pemberantasan terhadap jentik-jentik dengan menggunakan bubuk abate pada tempat yang tidak bisa dijangkau seperti tandon, dan setiap tempat yang dicurigai sebagai persembunyian jentik-jentik tersebut.

“Pemberantasan jentik-jentik dilingkungan tempat tinggal baik di dalam rumah dan luar rumah, saat ini Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin sudah memulai mengenalkan tentang pemeriksaan jentik mandiri, program satu rumah satu jumantik,  juru pemantau jentik, kepada warga Kota Banjarmasin melalui RT dilingkungan tempat tinggal masing-masing,” pungkas Dr Dwi Atmi. (SRI/FHF/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.