8 Maret 2021

30 Wartawan di Kalsel Ikuti UKW

2 min read

PWI Kalsel menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di gedung PWI Kalsel.

BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme wartawan di Kalimantan Selatan ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di kantor PWI Kalsel, Kamis (22/11).

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi, dalam sambutannya menyampaikan, tema yang diangkat pada UKW kali ini, yakni, Menuju Wartawan yang Handal, Profesional dan Bermartabat.

Selain itu, lanjut Helmi, UKW yang digelar kali ini, merupakan pelaksanaan yang kedua kalinya di tahun 2018.

“Oleh karena itulah kami berharap, dengan adanya pelaksanaan UKW ini, para wartawan di Kalsel akan semakin profesional dalam menjalani pekerjaan mereka tersebut,” ujar Helmi.

Helmi juga berpesan kepada para wartawan yang mengikuti UKW ini, apabila dinyatakan lulus. Maka, hendaknya benar-benar menjaga keprofesionalannya berdasarkan etika jurnalistik.

“Mengingat, kartu UKW tersebut bisa saja dicabut. Apabila wartawan tersebut tidak profesional dan melanggar kode etik jurnalistik,” tutur Helmi lebih lanjut.

Sementara itu, Perwakilan PWI Pusat Kamsul Hasan membenarkan, jika kartu UKW tersebut bisa dicabut.

“Asalkan wartawan pemegang kartu UKW itu, terbukti telah melanggar kode etik jurnalis,” ucap Kamsul.

Pencabutan kartu UKW tersebut, lanjut Kamsul, berdasarkan Peraturan no 3 tahun 2013 yang menyatakan kartu kompetensi wartawan bisa dicabut.

“Kartu dicabut dengan alasan melanggar peraturan kode etik wartawan kategori ringan, kemudian wartawan tersebut bisa mengikuti uji kompetensi wartawan lagi, untuk mendapatkan kartu tersebut,” jelas Kamsul.

Sedangkan, lanjut Kamsul, untuk pelanggaran berat. Apabila wartawan tersebut melanggar Pasal No 6 Kode Etik Wartawan tentang pemerasan.

“Kasus pemerasan ini, masuk ke dalam pelanggaran berat dan kartu UKW langsung dicabut,” ucap Kamsul.

Kamsul mengharapkan, oleh karena itulah wartawan yang telah lulus UKW hendaknya selalu bepegangan pada kode etik wartawan.

UKW ini diikuti 30 peserta yang terbagi dalam kelompok pemula, madya, dan utama. (SRI/FHF/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.